Ternyata Daun Kopasanda Bisa Mengendalikan Hama Tanaman

Ternyata Daun Kopasanda Bisa Mengendalikan Hama Tanaman

Daun kopasanda atau daun kirinyuh banyak ditemukan disekitar kita. Ketersediaanya yang banyak belum dimanfaatkan oleh petani. Padahal sebenarnya daun kopasanda memiliki kandungan alkaloid pryrrolidzine  yang bisa mematikan ulat pemakan daun. Pohon daun kopasanda bisa didapatkan dimana-mana. Baik dipinggir-pinggir kota apalagi didaerah hutan. 

Disamping itu daun kopasanda memiliki kandungan  anti oksidan yang  berfungsi sebagai anti bakteri. Dengan demikian maka daun kopasanda juga bisa berfungsi untuk mengobati penyakit pada tanaman. 

Karena sifatnya herbal maka sangat baik digunakan pada tanaman tanpa merusak lingkungan. Dan begitupula tidak berbahaya pada manusia dan hewan peliharaan. Menggunakan ekstrak daun kopasanda bisa mengobati hama dan sekaligus penyakit tanaman. 

Cara Pemanfaatan Daun Kopasanda

Sama dengan tumbuhan lainnya kopasanda diambil ekstraknya dengan cara direbus atau dibelender. Sebagai dosis yang kami rekomendasikan 100 gr daun kopasanda diblender dengan 1 liter air.  Ekstraknya dicampur dengan 20 liter air kemudian disemprotkan ketanaman. Ini merupakan perkiraan semata karena belum saya baca literatur yang menjelaskan. Saya hanya memberikan patokan saja. Lagi pula ini herbal, jadi semakin banyak semakin bagus yang penting tidak terlalu berlebih. 

Sama dengan pestisida organik yang lain penyemprotan hendaknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Karena daun kopasanda mengandung klorofil dan senyawa kimia lain, maka daun kopasanda juga berpotensi untuk menyuburkan tanaman. Jadi penyemprotan dipagi hari dan sore hari efektif karena stomata daun terbuka. Jadi dua manfaat sekaligus yaitu sebagai pupuk dan sebagai pestisida organik. 

Pemberian daun kopasanda hendaknya diberikan setiap pekan. Saat penyemprotan bisa dicampurkan dengan pupuk organik. 

Artikel terkait : 

Manfaat dau siri untuk mengatasi serangan hama pada tanaman kita 

Mengusir tikus dengan menggunakan cabai

Cara menyemprot padi dengan menggunakan NPK Mutiara 

Membuat perekat pupuk dan pestisida dari telur

Waspada serangan hama wereng coklat pada musim hujan 


Komentar

Postingan Populer