Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Tanaman dalam melangsungkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi oleh banyak faktor. Diantara faktor itu dibagi menjadi 2 faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor itu sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman dalam melangsungkan kehidupannya. Berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman diantaranya :
Faktor Internal
1. Gen
Gen merupakan substansi pembawa sifat keturunan kegenerasi selanjutnya. Gen itu mempengaruhi sifat dan ciri mahluk hidup dimana pada tanaman mempengaruhi bentuk, warna bunga dan rasa buah. Juga menentuan kemampuan metabolisme sehingga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Suatu tanaman yang memiliki gen yang baik akan tumbuh dan berkembangsesuai dengan periodenya.
Faktor gen bukanlah satu-satunya yang yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, tetapi ada faktor lain yang mempengaruhinya. Diantara faktor lain adalah lingkungan. Walaupun genetik tanaman baik tetapi kondisi lingkungan tidak memungkinkan maka tanaman juga tidak bisa maksimal tumbuhnya. Misalnya tananan semangkan yang punya gen yang unggul ditanam didaerah ketinggian pasti tidak bisa maksimal hasilnya. Karena semangka cocok untuk iklim yang dataran rendah.
2. Hormon
Salah satu zat yang mempunyai peranan dalam mengendalikan berbagai fungsi dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah hormon. Zat berupa hormon ini punya peranan dalam memicu pertumbuhan tanaman. Sebenarnya dalam alam ini beberapa hormon yang tersedia dialam. Misalnya zat pada bawang merah bisa dipakai merangsang pertumbuhan akar saat cangkok. Diantara zat perangsang tumbuh tersebut adalah auksin, giberelin, Etilen, sitokinin, asam absisat, kaolin, asam traumalin.Baca lebih lanjut...
Faktor Eksternal
Faktor eksternal adalah faktor-faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan. Faktor-foktor tersebut diantara:
A. Nutrisi.
Nutrisi berperanan dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Nutrisi  merupakan bahan baku dan suber energi dalam proses metabolisme tubuh. Kualitas dan kuantitas nutrisi mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.
B. Cahaya Matahari
Cahaya matahari sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan mahluk hidup. Terutama untuk pemasakan makanan melalui daun. Namun demikian ternyata cahaya bisa membuat tanaman terhambat pertumbuhannya. Hormon yang terhambat adalah auksin yang terdapat pada ujung tanaman. Contoh perkecambahan pada tempat gelap ada kecenrungan cepat tumbuh.
C. Air dan Kelembaban
Air merupakan sumber kehidupan dan sangat dibutuhkan mahluk hidup. Tanpa air maka mahluk hidup tidak bisa bertahan hidup. Mungkin saja bisa bertahan tetapi hanya beberapa hari saja. Didalam air reaksi kimia berlangsung. Air juga merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis tumbuhan dan tempat mengangkut air dari akar kedaun. Dan berbagai fungsi sel semuanya membutuhkan air. 
4. Suhu
Suatu tanaman membutuhkan suhu dalam proses kehidupannya. Setiap tanaman butuh suhu optimal dan suhu minimal. Beberapa tanaman tidak bisa tumbuh dan berproduksi maksimal dalam suhu ekstrim. Baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Contoh kurma tumbuh maksimal pada suhu panas. Sebaliknya tidak bisa produksi maksimal pada suhu dingin. Semangka cocok daerah dataran rendah dan tidak bisa tumbuh normal pada daerah dataran rendah atau suhu dingin. Baca lebih lanjut
5. Tanah
Tanah merupakan media tumbuh suatu tanaman. Setiap tanah pada tempat yang berbeda memiliki unsur hara yang berbeda. Semakin banyak unsur hara yang terkandung dalam tanah maka semakin subur tanaman tersebut. Asumsi tidak dipengaruhi faktor lain. Suatu  tanaman untuk tumbuh maksimal dibutuhkan minimal 16 unsur hara. 16 unsur hara tersebut sudah masuk unsur hara makro dan unsur hara mikro. 
6. pH
pH juga merupakan hal yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Baca lebih lanjut

Demikianlah faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Tentu saja masih banyak faktor-faktor berpengaruh yang lainnya. 

Komentar

Postingan Populer