Teknik Pemupukan Pada Tanaman

Pemupukan merupakan salah satu proses dalam budidaya tanaman. Dengan pemupukan yang tepat akan memberikan hasil yang maksimal. Hasil yang maksimal akan dicapai bila mengetahui caranya. Olehnya itu perlu kita mengetahui beberapa jenis pupuk dan proses penyerapannya. dan juga harus mengetahui bagaimana cara mengaplikasikannya. Ada dua cara pemupukan pada tanaman yaitu:

1. Melalui Akar

Pemberian pupuk ini diberikan melalui akar tanaman. Bertujuan supaya tanaman tersebut bisa menyerap unsur haranya melalui akarnya. Dengan pemberian tersebut tanaman akan menjadi subur. Pemberian pupuk melalui akar dapat dibagi menjadi beberapa cara sebagai berikut:
A. Disebar.
Pemberian pupuk ini disebar secara merata disekitar tanaman. Contohnya pada saat pberian pupuk pada tanaman padi. Pemberiannya bisa dilakukan sebelum tanam dan setelah tanam. Ada beberapa pertimbangan kalau menggunakan cara ini:
  • Tanaman yang memiliki jarak tanam yang rapat, baik teratur maupun yang tidak teratur. 
  • Tanaman yang memiliki perakaran yang dangkal atau dekat permukaan tanah
  • Tanah yang memiliki kesuburan yang baik
  • Pupuk yang dipakai cukup banyak atau dosis permukaan tinggi
  • Kelarutan pupuk harus besar, karena kalau tidak mudah larut memungkinkan tanaman kurang menyerap pupuknya.
Pemupukan cara ini cocok untuk tanaman padi, kacang-kacangan dan lain-lain tanaman yang memiliki jarak rapat. akan tetapi pemupukan dengan cara ini juga memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yaitu merangsang pertumbuhan gulma.

B. Ditempatkan Diantara Larikan
Cara ini juga digunakan untuk tanaman, baik tanaman palawijah maupun tahunan. Caranya ditaburkan diantara larikan kemudian ditutup kembali dengan tanah. Untuk tanaman tahunan ditabur melingkar tegak lurus dengan daun terluar dan ditutup kembali dengan tanah. Beberapa pertimbangan dengan cara ini.: 
  • Pupuk relatif sedikit
  • Jarak tanam antar tanaman relatif panjang
  • Kesubiran tanah rendah
  • Tanaman dengan perkembangan akar yang sedikit
  • Untuk tanah tegalan atau darat
  • Bila mengkhuatirkan akan terjadi pengikatan unsur hara oleh tanah dalam jumlah cukup besar
C. Ditempatkan Dalam Lubang
Caranya pupuk dibenamkan kedalam lubang samping batang kurang lebih 10 cm dari batang dan ditutup dengan tanah. Untuk pphon tahunan lubang dibuat tegak lurus tajuk terluar dari daun terluar. Pertimbangan sama dengan cara larikan.

2. Dipupuk Dengan Cara Disemprotkan Kedaun Tanaman

Pemberian pemupukan dengan cara ini biasanya dilakukan denga menyemprot pada daun. Waktu penyemprotam biasanya dilakukan pagi atau sore hari. Beberapa pupuk organik yang mempunyai kualitas yang baik diantaranya pupuk super Aci, pupuk hayati biomon
Kedua pupuk ini  sangat cococok untuk berbagai jenis tanaman. Dalam menggunakan pupuk ini perlu kita mengetatahui cara pemupukannya. Termasuk waktu, bagian yang disemprot dll. Baca:  cara pemakaian pupuk organik cair (pupuk aci), Baca juga: teknik aplikasi pupuk cair organik (pupuk aci)

Komentar

Postingan Populer