Cara Membuat Bakso

Bakso merupakan makanan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Sekarang ini hampir setiap tempat yang ada di Indonesia sudah ditemukan penjual bakso. Khusus di Sulawesi Selatan penjual bakso bukan hanya orang Jawa yang menjual bakso. Tetapi sudah banyak para daeng-daeng yang menjual. Dibugis para puang-puang dan andi-andi juga sudah pada bisa membuat bakso dan kuahnya.
                               Gb. Flickr
Di Makassar sudah ada bakso kuahnya rasa coto Makassar. Di Pangkep difariasikan dengan kuah sop pangkep ataupun sop konro. Pokoknya bakso sudah begitu digemari oleh masyarakat Indonesia terkhusus masyarakat Sulsel yang tidak ketinggalan. Baca juga: peluang usaha bakso tusuk

Pentolan bakso sudah banyak yang jual baik yang grobak, sepeda, motor dan bahkan mobil. Penjualnya bisa ditemukan dimana-mana. Disekolah, pasar, samping gedung, dijalan raya, tempat parkir atau dimana saja bisa kita dapatkan. Begitu pula suku-suku selerti Bugis, Makassar, Toraja, Mandar dan lain-lain sudah pada menjual. Jadi sekarang bukan lagi dimonopoli oleh suku Jawa.Baca juga : Cara membuat kuah bakso

Dan mengenai rasa tergantung kreativitas mereka masing-masing. Untuk membuat adonan bisa kita membawah ketempat penggilingan bakso yang sudah hampir ada disetiap pasar. Adapun jumlah campuran dagingnya dengan jumlah tepung kanjinya tergantung selerah kita. Mengenai bumbu sudah  ada ketetapan masing-masing tukang giling bakso. Seperti bawang putih, bawang merah, masako dll. Adapun kalau kita ingin buat keunikan tergantung selerah kita. Bisa ditambahkan bumbu lain atau bumbu rahasia.

Cara Membuat Pentolan Bakso

Bahan:

  • Daging sapi (ayam) 0.5 kg
  • Tepung kanji 25 g
  • Telur 1 butir
  • Lada bubuk 1 sendok
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 2 siung, haluskan 
  • Es batu 20 gram
  • Air 1 liter
Dan bila mau membuat daging  1 kg, 2 kg, dan seterusnya tinggal tingkatkan bumbunya sesuai banyaknya. Misalnya kalau 1 kg daging maka kanji jadi 50 gram, telur jadi 2, dst. 

Proses
  1. Daging sapi yang telah digiling dimasukkan kedalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, dan bawang putih yang telah dihaluskan.
  2. Semua bahan yang telah bercampur diratakan dengan cara diulet
  3. Adonan yang masih lembek atau masih sulit dibentuk maka tambahkan Es batu secara perlahan sampai adonan bisa dibentuk.
  4. Merebus air dalam panci dan biarkan sampai mendidih
  5.   Membuat adonan menjadi bulat dengan tangan atau bisa dengan cara 1 tangan antara ibu jari dan telunjuk ditekan hingga adonan keluar.
  6. Adonan tersebut langsung dimasukkan kedalam air panas
  7. Lakukan hingga semua adonan habis
  8. Jika adonan mengapung maka itu tanda sudah masak. Dan angkat. 
Setelah itu pentolan sudah siap disantap, baik dalam bentuk bakso tusuk maupun dikasih kuah.

Komentar

Postingan Populer