Pertanian

Negara kita dikenal dengan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang mayoritas penduduknya adalah bertani. Dengan demikian mata pencaharian mereka adalah bertani. Petani kita ada yang juga menjual sendiri hasil pertaniannya dan ada juga yang melalui perantaraan pedagang. 

Sebelum kita membahas lebih lanjut kita akan menjelaskan dahulu apa itu pertanian? Pertanian merupakan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan makanan. Disamping itu juga merupakan bahan industri, sumber energi serta untuk mengelolah lingkungan hidup. 

Petani kita dalam memanfaatkan sumber dayanya belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan masih minimnya pendapatan petani kita. Jika kita bandingkan dengan negara-negara maju kita masih ketinggalan jauh. Kita masih mingimpor produk dari luar negeri. Seperti beras, daging, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain-lain. Padahal kita memiliki lahan yang cukup luas untuk mengembangkannya. 

Jepang merupakan negara kecil, terkadang kering, tertutupi salju dan rawan gempah tetapi toh mereka masih mengekspor produk mereka, misal beras. Bandingkan dengan negara kita dimana tanah sangat banyak tetapi tidak dimanfaatkan. Ada yang dimanfaatkan tetapi tidak maksimal. 

Sumber daya alam kita melimpah, sumber daya manusia juga melimpah. Tetapi sumberdaya itu tidak ada artinya. Sarjana kita banyak yang menganggur. Seakan-akan tidak punya kekuatan untuk bekerja. Banyak dana yang telah digelontorkan pemerintah untuk mereka tetapi juga masih seperti itu. Olenya itu perlu adanya penyadaran kepada masyarakat kita. Supaya sumberdaya tersebut bisa termanfaatkan. 

Olehnya itu diperlukan penyadaran kepada masyarakat kita untuk memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia cukup banyak. Kita harus mengolah lahan itu. Jangan dibiarkan kosong. Betapa banyak produk pertanian kita kalau dikembangkan dengan baik, maka akan menghasilkan produk yang banyak. 

Begitu pula  tumbuhan kita sangat berfariasi, memungkinkan kita untuk menanam sepanjang tahun. Tumbuh-tumbuhan obat kita juga sangat tersedia sehingga tidak perlu menggunakan racun kimia. Tinggal bagaimana kita mengelolah semua itu dengan baik. 

Harapan kita untuk mengembangkan pertanian kita adalah konsep agribisnis.Agribisnis memungkinkan petani kita menjadi sejahtera. Semoga petani kita menjadi sukses. Dan pada akhirnya negara dan penduduknya juga makmur. 

Komentar

Postingan Populer