Menanam Bawang Merah Dalam Gelas/botol Kemasan Bekas

Bawang merah merupakan tanaman yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Bawang merah sering mengalami fluktuasi harga. Hal ini terjadi karena adanya pengaruh musim tanam. Dimana kita ketahuhui bahwa hasil pertanian pada umumnya berkaitan dengan hukum permintaan dan penawaran. Produk akan turun jika barang tersedia banyak. Begitupula harga naik bila barang langka. 
                             Flickr.com
Salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kelangkaan adalah bertanam dengan menggunakan gelas pelastik bekas. Gelas bekas sangat baik untuk dipakai sebagai media untuk menanam bawang merah. Dan untuk membudidayakan pada gelas bekas ini tidak perlu lahan yang luas. Tetapi yang kita butuhkan adalah bagaimana keberanian kita untuk mencobanya. 

Beberapa hal yang perlu kita siapkan untuk menanam bawang merah adalah.

Alat dan Bahan

-Botol  gelas bekas
- Tanah
- Kompos
- pisau
- Pupuk organik
- Pestisida
- dll.

Persiapan Bibit

Untuk sekala besar kita biasanya menggunakan bibit bawang merah. Tetapi dalam skala kecil kita cukup menggunakan bibit dari  siung bawang merah.

Mengambil beberapa butir sesuai berapa banyak yang akan ditanam usahakan yang bulat utuh yang ukuran sedang, potong kira-kira 1/3 bagian dari umbi tersebut, umbi yang telah dipotong dibenamkan dalam tanah paling tidak kedalaman 5 cm dengan jarak masing-masing umbi sekitar 1cm, menjaga kelembaban sehingga tetap basah, tempat pembibitan harus kedap cahaya atau tempat teduh, tetap dilakukan penyemprotan setiap pagi, penutup pembibitan boleh dibuka sore hari hingga pagi hari, dan pada pagi hingga sore ditutup kembali tujuannya supaya tetap dalam keadaan lembab, kira-kira 4 hari akan muncul tunas disetiap biji tersebut, jika tunas sudah mencapai 5 cm silahkan buka penutup sepanjang malam dan siang.

Persiapan Media Tanam 

Memilih beberapa botol kemasan pelastik bekas paling tidak ukuran 600 ml bagian ujung dari botol plastik dipotong sehingga menyerupai gelas, jangan lupa botol botol dilunangi beberapa lubang pada bagian bawah dan pinggir supaya air tidak tergenang.

Masukkan mediah tanam yang berupa campuran tanah dengan kompos kedalam botol tersebut dengan perbandingan 2 tanah dan 1 kompos. Sebelum dimasukkan campuran tersebut diratakan dan disemprot dengan air supaya lembab. Tanah yang dimasukka dalam botol tadi jangan terlalu penuh atau paling tidak sisakan 5 cm.

Penanaman Bibit

Bibit ditanam pada botol yang telah terisi media. Dimana bibit tersebut sudah mencapai kurang lebih 10 cm setelah pembibitan. Tanam 1 persatu bibit tersebut dalam wadah yang telah disiapkan.

Pemeliharaan
Pemeliharaan meliputi penyiraman pagi dan sore, intensitas cahaya yang cukup atau cahaya matahari penuh, penyiangan dari gulma secara berkala.

Panen

Pemanenan dilakukan setelah tanaman berusia 60 hingga 75 hari dari masa tanam dalam botol. Adapun ciri dari tanaman yang sipa panen diantaranya : daun sidah menguning dan roboh, beberapa siung menyembul keluar tana atau bisa juga kita mengorek dalam tanah untuk memastikan kematangannya.

Demikianlah cara penanaman bawang merah dalam gelas pelastik atau botol. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer