Cara Mengendalikan Hama Putih Pada Cabe

Kutu putih atau kutu kebul merupakan hama tanaman. Kutu ini bisa merusak tanaman dan juga meletakkan telurnya pada permukaan bawah daun. Kutu ini dapat merusak pertumbuhan tanaman dengan cara mengisap cairan pada daun sehingga tanaman bisa menjadi kering. 
Disamping bisa merusak tanaman secara langsung dia bisa juga menjadi vektor penyebaran penyakit baiknberupa virus maupun bakteri. 

Dalam rangka memberantas hama ini sebaiknya kita menggunakan pestisida organik saja supaya tidak terjadi kekebalan pada hama tersebut. Apa bila dalam sekala kecil maka gunakan pestisida organik saja seperti puntung rokok (sisa tembakau), mol, bawang putih, kunyit, lengkuas dan lain-lain. 

Cara membuat pestisida dari puntung rokok, caranya mengambil beberapa puntung rokok yang masih ada tembakaunya kemudian hacurkan. Siram dengan air panas yang mendidih sampai tembakaunya larut seperti teh. Selanjutnya semprotkan air tembakau tersebut  pada daun yang terserang hama putih. Sebelum disemprotkan tapis supaya tidak menyumbat alat semprot. Encerkan juga larutan tersebut dengan air supaya tidak terlalu pekat. 

Penyemprotan bisa dilakukan paling tidak 5 hari sekali. 

Komentar

Postingan Populer