Tujuan dan Manfaat Sanitasi Bagi Manusia


Tujuan umum sanitasi yaitu untuk memberikan jaminan terhadap kebersihan lingkungan manusia sehingga mewujudkan kondisi yang sesuai dengan pensyaratan kesehatan disamping itu memperbaiki, mengembalikan dan mempertahankan kesehatan manusia.

Manfaat Sanitasi 

Banyak manfaat yang bisa kita dapat apabila menerapkan sistem sanitasi. Tidak hanya hanya bermanfaat bagi manusia secara langsung tetapi juga bagi lingkungan, terutama lingkungan fisik seperti tanah, air dan udara. Tanah menjadi sehat karena tidak tercemar oleh zat kimia atau zat yang berbahaya lain. Dan begitupula udara dan air menjadi sehat tanpa tercemar. 

Berikut itu beberapa manfaat sanitasi bagi kehidupan manusia dan lingkungannya:

  1. Membuat lingkungan menjadi bersih, sehat dan nyaman
  2. Penyakit-penyakit menular dapat dicegah dan di berantas
  3. Bisa mencegah atau meminimalkan kecelakaan. Hubungannya dengan kecelakaan misanya adanya tumpahan minyak dijalan bisa menyebabkan kecelakaan, bau yang tidak sedap bisa menyebabkan kurang konsentrasi. Polusi udara bisa menyebabkan mengantuk dll.
  4. Polusi udara bisa dihindari atau dikurangi. Salah satu akibat polusi udara adalah bau tidak sedap. Bau sedap akan terjadi apabila banyaknya sampah berserakan tanpa pengolahan.
  5. Pencemaran lingkungan bisa dihindari. Beberapa pencemaran lingkungan yang mungkin terjadi misalnya limbah sampah, ternak, limbah industri. Dengan sanitasi yang baik semua limbah-limbah bisa diminimalisir. 
  6. Mengurangi jumlah prosentase orang sakit. Menerapkan sanitasi membuat orang sakit akan berkurang. Contoh yang terjadi sekarang ini covid 19. Anjuran memakai masker, anjuran cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Membuang sampah pada tempatnya. Buang air besar dan kecil jangan sembarang tempat dan beberapa anjuran seperti jangan meludah sembarang tempat. Dan yang terakhir jangan merokok ditempat umum. Itu semua merupakan contoh sanotasi yang bisa membuat tubuh terhindar dari sakit. Tentu saja masih banyak contoh-contoh yang lainnya. 
Demikianlah manfaat sanitasi bagi kehidupan manusia. Dan ini sejalan dengan anjuran beberapa agama. Contoh dalam Islam dikatakan " Kebersihan adalah sebagian dari iman". Jadi seyokyanya orang menganggap diri beriman harus menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan lingkungan. Kebesihan diri seperti mandi minimal 2 kali sehari. Sikat gigi setiap selesai makan. Kebersihan lingkungan misalnya jangan membuang sampah sembarang tempat. Meludah sembarang tempat. Dan masih banyak lagi perlu kita koreksi yang selama ini banyak diabaikan. 

Sekian dan terimah kasih semoga bermanfaat. 

By Penulis 

Amran

Komentar

Postingan Populer