Dampak Negativ Dari Limbah

Daftar Isi : Sanitasi dan Pengolahan limbah industri

Limbah yang tidak dikelolah dengan baik akan memberikan dampak yang serius bagi manusia dan lingkungan. Boleh dikatakan semua jenis limbah memiliki dampak bagi kesehatan dan lingkungan. Sekalipun dia sampah organik. 

Negara kita Indonesia merupakan negara yang memiliki perkembangan industri yang cukup tinggi. Hanya saja perkembangan industri tersebut tidak diikuti oleh pengelolaan limbah yang maksimal. Atau bahkan limbah dikesampingkan. Akhir-akhir ini limbah-limbah industri seringkali kita dengar membuang limbahnya disungai atau dilaut. Kita dapati banyak ikan yang mati mengapung. 

Begitu pula sungai-sungai yang ada disekitar industri tersebut banyak yang tercemar karena pabrik seenaknya membuang sampah atau limbah. Bisa kita lihat sendiri bagaimana sungai-sungai yang ada diperkotaan sebagian besar airnya sudah busuk dan berwarna hitam. 

Tempat pembuangan sampah juga umumnya tidak terkelolah dengan baik pula. Sampah berserakan dimana-mana. Mobil pengangkut sampah tidak imbang dengan sampah yang tersedia. Akibatnya sampah menggunung dibeberapa tempat. 

Berikut ini dampak yang ditimbulkan oleh limbah: 

Bagi Manusia
  • Dapat menimbulkan penyakit kulit pada manusia misalnya kudis dan kurap. 
  • Bisa menyebabkan infeksi cacing pita. Hal ini terjadi karena masih banyak hewan ternak di Indonesia dibiarkan berkeliaran di tempat sampah. Hewan ternak tersebut mengkonsumsi sisa sampah yang ada ditempat sampah. Tempat sampah merupakan sumber cacing pita.  Masuknya cacing pita dalam perut hewan ternak akan menyebar kedaging yang bakal dikonsumsi.
  • Dapat menyebabkan kematian misal limbah pabrik yang dibuang kelaut seperti limbah aki, batrey, dan limbah racun lainnya. Limbah tersebut mencemari ikan disekitarnya. Ikan yang sudah tercemar racun selanjutnya dimakan oleh manusia. Dalam jangka panjang bisa menyebabkan kematian massal bagi orang yang mengkonsumsi ikan tersebut. Contoh lain tanah dicemari oleh racun kemudian ditanami tanaman. Tanaman tersebut dimakan oleh manusia. Tentu saja secara perlahan akan meracuni manusia dari endapan racun yang ada pada tanaman tersebut. 
  • Air tanah yang ada sekitar pembuangan sampah yang tidak berwawasan lingkungan bisa menyebabkan sakit diare akibat tercemar virus, begitupula bisa menyebabkan tipes, kolera dan bahkan demam berdarah. 
Dampak Bagi Lingkungan
  • Limbah cair yang masuk ke sungai yang mengandung banyak virus bisa menyebabkan pencemaran air. 
  • Ekosistem akan rusak karena banyak mahluk hidup yang mati di air yang tercemar. Misal ikan, kura-kura dll
  • Limbah rumah tangga yang dibuang kesungai bisa menyebabkan banjir, jembatan bisa rusak, jalanan rusak dll. 
  • Kenyamanan terganggu karena bau tidak sedap akibat tumpukan sampah dimana-mana. 
  • Limbah yang dibuang ke air dapat menghasilkan asam organik dan gas cair organik seperti metana yang membahayakan. 
  • Limbah logam, minyak, toksin organik dan zat lainnya dapat mengurangi kandungan oksigen dalam air sehingga mengganggu ekosistem dalam air. 

Komentar

Postingan Populer