Kecerdasan Tikus

Beberapa binatang memiliki kecerdasan seperti anjing, burung beo, kakatua, kucing dan masih banyak lagi yang lain. Beberapa binatang diatas bisa menjadi cerdas karena selalu berinteraksi dengan manusia. Bahkan beberapa dari mereka dilatih untuk cerdas. Akan tetapi semua binatang diatas apabila melahirkan belum tentu mengikuti sifat-sifat induknya. Baca juga: Makanan kesukaan tikus
                    Sumber gb. Fixel.com
Salah satu binatang yang lebih cerdas dari binatang yang kami sebutkan adalah tikus. Tikus tidak berinteraksi langsung dengan manusia tetapi kecerdasannya bersifat alami dan akan diturunkan kepada generasinya. Gambaran umum dari tikus

Berikut ini beberapa kecerdasan tikus yang tidak dimiliki oleh binatang lainnya adalah: 

1. Tikus Sangat Pekah Dengan Kondisi lingkungan Sekitarnya. 

Tikus mudah sekali curiga terhadap perubahan lingkungan yang terjadi. Tikus mampu menganalisis dan mempelajari situasi yang terjadi. Salah satu contohnya adalah bila kita memasang perangkap tikus maka ada kemungkinan tikus tidak serta merta mau langsung masuk keperangkap. Terutama kalau perangkap itu diletakkan dijalan yang sering mereka lewati. 

Untuk mendapatkan tikus yang terperangkap dibutuhkan waktu yang agak lama. Karena tikus mempelajari dahulu bahkan sampai berhari-hari. Atau bahkan kita tidak alan mendapatkannya. 

2. Penciuman Tikus Sangat Tajam

Tikus memiliki kemampuan untuk mencium bau yang ada disekitarnya. Para tikus bisa mendeteksi makanan, mendeteksi tikus lain dan bahkan mendeteksi bau manusia. Walau pun manusianya sudah pergi tikus tetapi bisa menteksi bau yang ditinggalkan oleh manusia. Terutama aroma manusia dari benda yang dipegang ataupun yang kita injak. Dalam artian tidak menggunakan kaos tangan dan alas kaki.

Ketika kita melaetakkan perangkap tikus dalam suatu tempat maka jangan lupa memakai kaos tangan. Supaya minyak alami yang keluar dari tangan tidak dicurigai. Karena apabila umpan yang kita letakkan dalam perangkap dengan tidak pakai kaos kaki /tangan maka tikus akan curiga dan tidak mau mendekati umpan tersebut. 

3. Tikus termasuk Binatang Yang Lincah/Gesit

Tikus sifatnya sangat gesit, karena bisa memanjat, menggali dan menyelundup. Mereka memiliki kemampuan dan sangat lihai untuk menemukan jalan untuk memasuki suatu tempat. Walaupun secara logika sangat sulit untuk mereka lakukan. Sangat licik dan lihai untuk menemukan sumber makanan. Mereka memiliki kemampuan melompat, bersembunyi dan mengkhilang. 

4. Memiliki Kemampuan Untuk berkomunikasi Dengan Tikus Lainnya. 

Tikus punya kemampuan untuk berkomunikasi dengan teman-temannya terutama yang berada pada lingkungan yang sama. Mereka menggunakan urine untuk mereka berkomunikasi. 

Mereka memberikan kode dengan cara mengencingi daerah yang mereka lalui. Cara ini berfungsi untuk menandai daerah kekuasaan dalam suatu kelompok. Juga memiliki fungsi untuk mengundang tikus lain kesumber makanan terutama kelompoknya. 

Demikianlah kecerdasan tikus yang tidak dimiliki oleh binatang yang lainnya. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer