Sayuran dan Buah Untuk Kesehatan Optimal

Beberapa sayuran memiliki manfaat untuk kesehatan. Sayuran memiliki antioksidan yang tinggi untuk membuat tubuh  menjadi sehat. Disamping itu sayuran juga mengandung flavonoid, serat, vitamin, dan mineral. Sayuran dan buah juga bisa menangkal radikal bebas. Beberapa sayuran terutama yang memiliki warna sangat potensi untuk membuat kondisi tubuh optimal. 

Sayur berikut yang memiliki antioksidan yang tinggi adalah 

Bayam

Bayam mengandung lutein, yang sangat baik untuk kesehatan terutama mata yaitu mencegah degenerasi makula dan katarak. Sayuran bayam diolah baik dimasak bening maupun ditumis. Begitupula bayang mengandung beberapa vitamin dan mineral.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung sulfur yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan bisa mengobati beberapa penyakit yang berhubungan dengan bakteri dan jamur. Bawang putih bisa membunuh sel kanker. Bawang putih juga bisa mengobati tekanan darah. Sebaiknya pengolahannya dengan cara dipanggang untuk mengurangi hilangnya kandungan yang terkandung didalamnya.

Tomat

Anti oksidan yang terdapat pada tomat bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti gangguan mata, paru-paru, usus, payudara, dan prostat. Antioksidan pada tomat yang terbanyak adalah likopen. Likopen itu sendiri keliarga dehan karotenoid dan betakaroten untuk melindungi mata.

Wortel

Wortel mengandung karatenoid yang sangat baik untuk melindungi mata dari pengaruh radikal bebas. Disamping itu wortel dapat juga melindungi paru-paru, jantung, payadara, dan usus dari sel kangker. Sebaiknya mengkonsumsi wortel setelah diolah atau direbus. Sebab mengkonsumsi yang sudah dimasak lebih baik jika dibanding yang mentah. Pengolahan bisa mengaktifkan rantai anti-oksidan.

Dan tentu saja masih banyak lagi yang lain bisa dijadikan makanan untuk menjaga kesehatan tubuh. Seperti lobak, lombok, daun bawang, daun sop, cemangi dan lain-lain. Yang terbaik adalah yang memiliki warna seperti ungu, orens, cuklat dll.

Komentar

Postingan Populer