Pantry

Pantry

Pantry merupakan tempat penyimpanan makanan, minuman dan peralatan lainnya seperti piring, baskom, sendok, wajan, spatula, gelas dan lainnya.  Atau dapat dikatakan sebagai bahan atau alat  peralatan masak memasak. Suhu untuk ruangan masak kisaran 10°C - 25°C, dengan kondisi cahaya redup, teduh dan kering. 

Pantry

Pantry

Tempat ini harus terpisah dari dapur karena dapur biasanya bertentangan dengan pantry. Dapur penerangnya harus terang, sementara pantry harus redup. Begitu pula kompor dan pemanas lainnya bisa meningkatkan suhu ruangan. Sementara pantri harus dalam kondisi stabil atau suhu ruangan. Kompor atau ricecooker bisa menaikkan suhu. 

Juga harus dijauhkan dari tempat cucian piring, karena rasa kimia yang dikandung akan menyebar keruangan. Hal ini tentu akan berpengaruh kepada bahan masakan yang ada dalam ruangan. Bahan kimia tersebut bisa merusak bahan pangan yang ada dalam pentri. Misalnya merusak baunya, atau bisa saja mempercepat pembusukan atau bisa memperlambat pembusukan. 

Untuk bahan kering seperti gula pasir, tepung terigu, dan sejenisnya tempatkan pada wadah khusus yang bisa melindunginya dari pengaruh luar. Misalnya masukkan ketopleks plastik atau topleks kaca. Tujuan dikasih topleks supaya suhu udara luar tidak bereaksi dengan bahan tersebut, juga supaya serangga kecil tidak masuk ke dalam. 

Semua bahan-bahan ditempatkan pada tempat tertentu dengan memberi label. Termasuk tanggal mulai penyimpanan d dan tanggal kadaluarsanya. 

Penyimpangan Bahan Pangan 


Komentar

Postingan Populer