Kacang Asu

Kacang asu merupakan tumbuhan gulma yang tumbuh menjalar disekitar kita. Nama latin dari tumbuhan ini adalah Colopogonium mucunoides. Tumbuhan ini termasuk tumbuhan legume yang sangat baik untuk memperbaiki tanah apabila tumbuh dilahan kita. Hanya saja ketika tumbuh pada lahan pertanian kita sepertinya merusak lahan pertanian kita. 

Gb. Kacang Asu

Tahukah kalian? Ternyata tumbuhan ini sangat berperanan untuk merehabilitasi tanah kita, sebagai sumber nitrogen tanah sehingga tanah tempat tumbuhnya tumbuhan ini akan sangat subur bila ditanami. Untuk tanah yang memiliki kemiringan yang tinggi bisa mencegah erosi akibat jatuhnya butiran-butiran hujan. Disamping itu tumbuhan ini bisa dijadikan sebagai pupuk hijau, dan juga mengandung unsur K yang tinggi. Dan untuk ternak merupakan sumber protein yang sangat bagus. 

Pada awal datangnya di Indonesia ditanam untuk menutupi selah-selah tanaman perkebunan. Juga dipakai untuk menutupi tanah pada lahan pertanian yang memiliki kemiringan tinggi. Kekurangan dari tanaman ini adalah tidak tahan terhadap genangan. 

Komentar

Postingan Populer