Sambiloto

Sambiloto Andrographis paniculata termasuk tumbuhan obat yang rasanya sangat pahit. Sambiloto mengandung zat aktif yang disebut andrografolida, zat inilah yang berperanan  sebagai antivirus, antibakteri dan antiinflamasi. Dengan kandunganya tersebut maka kita bisa menyimpulkan bahwa sambiloto bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Gb. Sambiloto

Diantara penyakit yang bisa disembuhkan dengan sambiloto seperti penyakit radang, penyakit diabetes, penyakit flu, anti inflamasi, menurunkan tekanan darah, mencegah tumbuhnya sel kanker dan tentunya masih banyak yang lainnya. 

Pemanfaatan sambiloto biasanya digunakan oleh tukang jamu. Diramu dalam bentuk cair kemudian disuguhkan ke dalam gelas. Mengkonsumsi jamu setiap hari bisa memberikan kesegaran pada tubuh. Ramuan ini biasanya juga dicampur dengan ramuan kunyit dalam bentuk cair dan juga dicampur dengan telur ayam. Tentu saja hal ini akan menambah hasiatnya. 

Aturan Mengkonsumsi

Mengkonsumsi sambiloto harus diperhatikan dosisnya tidak boleh berlebihan. Karena berlebihan dalam jangka waktu yang cukup lama bisa mengganggu organ hati. Mengkonsumsi dengan dosis yang tepat bisa mengatasi berbagai penyakit.  

Sambiloto juga tidak disarankan untuk ibu hamil atau menyusui. Dan begitu pula beberapa penyakit medis seperti darah rendah atau kelainan darah yang lain. 

Tidak disarankan untuk mencampur dengan obat kimia karena dikuatirkan terjadi interaksi antar obat. Contoh paracetamol, obat diabetes, dan obat penurun tekanan darah. 

Baca juga : 

Tumbuhan kucing galak 

Pohon pulutan 

Kacang asu 



Komentar

Postingan Populer