Tumbuhan Kucing Galak

Kucing Galak 

Kucing galak disebut juga anting-anting (Acalypha indica L.) Merupakan keluarga Euphorbiaceae dari genus Acalypha. Tanaman ini sering dimakan oleh kucing terutama akarnya. Fungsinya untuk memperlancar pencernaannya. Karena seratnya juga yang tinggi maka bisa memberi daya tahan tubuh kucing sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

Sedangkan untuk keperluan manusia ternyata juga memiliki banyak manfaat. Ada beberapa literatur yang menjelaskan bahwa kucing galak berfungsi sebagai antioksidan, antivirus, antibakteri, antikanker dan antidiabetes. 

Gb 1. Kucing Galak
Tumbuhan herbal ini berhasiat sebagai antiradang, antibiotik, pencahar dan penghenti pendarahan. Juga bisa digunakan untuk mengobati rematik, asam urat, kencing darah, berak darah, muntah darah   disentri, diare dan khusus daunnya bisa digunakan untuk orang mimisan. 

Gb 2. Kucing Galak

Cara Penggunaannya

Ambil beberapa batang dengan cara dicabut misal 2 - 3 batang. Bersihkan kemudian rebus 3 gelas air hingga mendidih dan air berubah kecoklatan. Minum kira 1 sampai 2 kali sehari. Tetapi bagi penderita darah rendah tidak dianjurkan untuk diminum. Karena daun kucing galak bisa menurunkan tekanan darah. 

Bisa juga dikeringkan kemudian di hancurkan hingga membentuk serbuk. Serbuk tersebut bisa diseduh dengan air mendidih. Saring dan silahkan diminum. 

Baca juga : 

Pohon pulutan 

Jeruk nipis 

daun sirih

Manfaat kelapa muda saat buka puasa

Makanan sehat saat buka puasa 

Kacang asu 

Komentar

Postingan Populer