Seputar Tentang Daun Siri

Daun siri memiliki banyak manfaat bagi manusia. Kegunaan meliputi bidang pertanian, peternakan, farmasi, kesehatan dan lainnya. Olehnya itu perlu mengenal lebih jauh apa itu daun siri. 

Deskripsi Daun Siri

Daun siri memiliki daun yang berwarna hijau berbentuk hati. Akarnya merambat pada benda yang ada disekitarnya. Dapat tumbuh subur pada daerah tropis pada tanah yang mengandung organik dan air yang cukup. Dapat tumbuh pada daerah dengan ketinggian 300 hingga 1000 mdpl. 

Daun Siri

Kandungan Daun Sirih

Kandungan kimia daun siri meliputi yodium, vitamin A, kalium, vitamin B1, B2, dan asam nikotinat. Selain itu juga mengandung minyak atsiri, gula, pati, fenil propana, terpennena, estragol dan kavicol.

Manfaat Daun Siri

Daun sirih mengandung minyak atsiri sehingga bisa dimanfaatkan sebagai anti kuman, antioksidasi, fungisida dan anti jamur. Daun siri juga sering dipakai untuk menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh bakteri dan cendawan. 

Juga berfungsi untuk menahan pendarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan juga memperbaiki gangguan saluran pencernaan. Berfungsi mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik dan menghentikan pendarahan. 

Orang sering menggunakan daun sirih segar, kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung, tujuannya untuk menghentikan pendarahan hidung. Juga bisa dipakai sebagai pestisida alami untuk mengendalikan hama tanaman terutama hama penghisap. 

Baca juga : 


Komentar

Postingan Populer