Menu Sahur dan Buka Puasa Ramadhan 2024

Beberapa hari lagi kita umat Islam akan menjalani puasa ramadhan. PP muhammadiyah telah menetapkan 1 ramadhan jatuh pada hari senin 11 Maret 2024. Sedangkan pemerintah dan beberapa ormas lain penetapannya akan diumumkan pada 10 maret. Bulan ramadhan  merupakan bulan yang paling utama dari 12 bulan. Didalamnya terdapat keberkahan. Ibadah yang kita lakukan pahalanya dilipatgandakan. 

Pada bulan ini ibadah meningkat, baca quran meningkat, termasuk sedekah meningkat. Bahkan ada orang sebelumnya tidak pernah ke mesjid tetapi pas ramadhan semua pada rajin ke mesjid. Ada juga yang malas sholat tiba-tiba rajin sholat setelah ramadhan. 

Ketersediaan makanan dan minuman melimpah pada bulan ini. Penjual kue, minuman, penjual buah semua mendapat keberkahan. Orang dermawan juga meningkat. Pendapatan orang pakir miskin meningkat. 

Mesjid-mesjid penuh dengan hidangan buka puasa. Banyak orang yang memanggil buka puasa dirumahnya. Intinya puasa memiliki keberkahan dunia dan akherat. 

Karena banyaknya menu yang tersedia maka kita harus pekah memili makanan yang bergizi. Artinya makanan yang dikonsumsi harus seimbang atau kita kenal dengan empat sehat 5 sempurna. Dan begitu pula makan jangan berlebihan. Sisakan ruang untuk bernapas. Jangan terlalu berlebih. 

Konsumsi pangan sehat yang biasa kita kenal pangan fungsional. Ada 3 syarat makanan dikatakan fungsional yaitu memiliki nilai gizi, apabila setelah dikonsumsi memberikan efek kesehatan yang baik dan memiliki penampakan yang sehat. Penampakan sehat yaitu alami, pengawet tidak melebihi batas ambang. Menggunakan pewarna alami, pemanis alami, jangan terlalu tinggi penyedapnya, garam dikurangi.

Begitupula cari makanan yang terjamin kebersihannya, seperti memiliki kemasan yang melindungi makanan tersebut. Pilih makanan yang kemasannya aman, karena beberapa kemasan yang beredar kemungkinan bisa berbahaya. Makanan yang dikemas dengan baik juga akan melindunginya dari lalat, debu, dari orang yang memilih kue dengan tangan dan lainnya.

Saat sahur jangan lupa konsumsi kurma, minum madu, dan banyak minum air putih. Apabila berbuka usahakan makanan ringan dahulu baru makanan berat. Konsumsi sedikit garam sebelum buka puasa, tujuannya untuk meransang enzim dalam tubuh.   Memakan makanan berat nanti setelah sholat magrib dan ada juga setelah sholat tarawih. 

Makan terlalu kenyang membuat badan terasa berat saat sholat tarwih nantinya. 

Baca juga : 


Komentar

Postingan Populer