Petani Sukses

Sebagian petani kita sudah maju bahkan sudah ada yang memiliki rumah yang mewah, sudah memiliki mobil, dan pakaian layaknya seorang pejabat. Tentu saja petani semacam itu bukanlah petani biasa tetapi petani yang sudah maju. Waktu dalam satu 
hari mereka gunakan untuk bekerja layaknya sebagai PNS. 

Jam kerja setelah sholat subuh dia sudah tancap gas untuk bekerja. Mereka menghabiskan waktu 8 jam dalam satu hari. Mulai membajak, menanam sampai panen. Mereka semantiasa memelihara usaha tani mereka. Dalam bertani dia juga belajar berbagai macam hal tentang kemajuan. Mereka menerapkan ilmu pertanian. Mereka mempelajari cara budidaya, cara pemeliharaan, cara panen, teknologi pasca panen sampai pemasaran.

Tidak lagi menjual produk secara mentah melainkan diolah terlebih dahulu. Hasil olahan itu tidak serta dijual sembarang tetapi mencari pasar yang bisa membeli produknya dengan harga tinggi. Memiliki daya tawar yang tinggi sehingga tidak lagi dipermainkan oleh spekulan. 

Dari segi pergaulan petani itu sangat disenangi oleh masyarakat sekitar karena memiliki wawasan yang luas. Mereka menjelaskan pertanian modern, menjelaskan keberhasilan, kesabaran dalam mengolah pernian. Ketika bertani hamparan sawahnya enak dipandang. Sepertinya kita melihat sawah tersenyum riang. Sejauh mata memandang sawah tertata rapi. Tidak ada rumput yang menonjol sehingga kita senang. Itulah petani maju. 

Keberhasilannya membuat petani lain ikut maju. Dia dijadikan contoh keberhasilan. Tidak lupa hasil panen sebagian disedekahkan, untuk mesjid, yatim piatu, atau orang yang butuh. Senantiasa senyum sapa...

Selamat semoga kita juga menjadi bagian petani sukses...

Komentar

Postingan Populer