Manfaat Bawang Putih Untuk Mengendalikan Hama

Bawang putih memiliki bau yang sangat menusuk. Dengan bau yang menusuk tersebut menyebabkan hama-hama akan menjauh. Beberapa hama yang bisa dikendalikan adalah kutu daun, semut, kumbang, ulat, siput, rayap dan kupu-kupu putih. Disamping itu bawang putih juga dikenal mampu mengatasi jamur dan virus, dan juga tanah menjadi subur. Saat melakukan aplikasi ini jangan lupa kendalikan juga rumput-rumput yang ada disekitar tanaman. Supaya hama dan penyakit tidak bersembunyi pada gulma tersebut. 

Berikut ini langka-langka dalam membuat ramuannya:
  1. Menghaluskan bawang putih paling tidak 5 sampai 10 siung dan dimasukkan kedalam 1 liter air.
  2. Menambah 2 sendok sunlikht cuci piring atau tergantung kebutuhan
  3. Setelah itu saring  ramuan itu untuk menghilangkan ampas untuk menghindari macet alat semprot
  4. Menyimpan ramuan itu kedalam botol kaca dengan rapat.
Cara pemakaian : 
  • Encerkan cairan tersebut dengan 2 gelas untuk 15 - 20  liter air
  • Semprotkan sekali seminggu atau 2 kali seminggu
  • Semprotkan pada tanaman untuk mencegah dan mengobati tanaman yang terserang
  • Jangan terlalu banyak menyemprot menjelang panen agar tanaman tidak bau saat panen. 
Apabila tanaman kita terserang hama yang sifatnya kronis atau sudah melebihi batas ambang. Maka bisa ditambahkan sedikit pestisida kimia. Tetapi gunakan dosis dibawah anjuran. Atau setengah dari anjuran. Tetapi kalau serangan tidak mengkuatirkan maka cukup gunakan pestisida alami. 

Bila serangan meningkat semprot ketanaman 2 sampai 3 kali seminggu sampai tanaman pulih. Tetapi kalau tanaman aman-aman maka cukup 1 kali satu minggu.

Waktu yang tepat untuk penyemprotan adalah pagi sebelum terbit matahari dan sore setelah terbenam matahari. Kenapa saat itu bagus untuk penyemprotan ? Karena pada saat itu hama belum bersembunyi. Hama biasanya bersembunyi pada siang hari. Apalagi cuaca matahari sangat terik.

Kesalahan yang biasa dilakukan oleh petani yaitu menyemprot racun saat terik atau sekitar jam 10 ke atas. Pada saat itu sebagian besar hama sudah sembunyi atau meninggalkan padi pergi ketempat lain. Jadi saat dilakukan penyemprotan tidak efektif. Karena hanya sebagian kecil hama yang mati. 

Nb. Penggunaan pestisida nabati dari bawang putih minimal 2   jam baru dipakai dan maksimal 12 jam karena lewat dari 24 jam maka sudah terjadi fermentasi. Kalau sudah terjadi fermentasi makan zat yang bisa membunuh serangga akan hilang. Dan selanjutnya akan berubah menjadi pupuk cair organik. 

Baca Juga : 

Komentar

Postingan Populer