Syarat Tumbuh Kacang Tanah

Ketika kita membudidayakan kacang tanah maka perlu kita mengetahui persyaratan untuk tumbuhnya. Karena suatu tanaman tidak bisa tumbuh maksimal bila syarat tumbuh tidak terpenuhi. Atau paling tidak mendekati persyaratan tersebut. Secara umum tanaman untuk tumbuh secara maksimal membutuhkan tanah yang gembur, pH, ketinggian tempat, curah hujan, jenis tanah, suhu.
                     Sumber gb.flickr.com
Secara umum kacan tanah memiliki 2 persyaratan tumbuh yaitu iklim dan tanah
A. Iklim
Ketinggian Tempat
Ketinggian tempat sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman kacang tanah. Tanaman kacang tanah lebih cendrung tumbuh pada dataran rendah dibawah 500mdpl. Pada ketinggian ini kacang tanah akan tumbuh maksimal. Kacang tanah masih bisa tumbuh hingga 1000 mdpl. Diatas 1000 mdpl masih bisa tumbuh, hanya saja tingkat keberhasilan akan semakin kurang. Atau dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tempat hasil akan semakin berkurang. Tetapi perlu diketahui ada beberapa jenis kacang tanah membutuhkan ketinggian tempat untuk tumbuh optimal.
Cahaya Matahari
Sinar matahari dibutuhkan saat terjadi fotosintesis. Jadi dia membutuhkan cahaya penuh untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya. Dengan demikian tanaman kacang tanah tidak butuh naungan. Dengan adanya naungan menyebabkan tanaman jadi  kurus dan tinggi serta pucat daunnnya. 
Curah Hujan
Kacang tanah membutuhkan curah hujan yang berkisaran 800mm - 1300 mm pertahun. Dan bulan kering rata-raya 4 bulan pertahun
Suhu
Untuk mencapai hasil yang maksimal selama pertumbuhan fan perkembangan maka tanaman membutuhkan suhu antara 28 - 32°C dan RH 65%-75%.

B. Keadaan Tanah


pH yang dibutuhkan oleh kacang tanah adalah 6.0 - 6.5. Karena tanaman polong-polongan maka membutuhkan struktur tanah yang ringan (remah). Manfaatnya supaya buah akan mudah menusuk dalam tanah, perkembangannya normal dan yang paling penting adalah mudah saat dipanen. Makanya pada saat penanaman maka derainase adalah hal yang sangat penting. 

Tanah yang terlalu lembab menyebabkab akar mudah membusuk. Dan begitu pula kalau tanah terlalu kering menyebabkan tanah menjadi merana. Dan bahkan bisa menyebabkan gagal membentuk polong.

Kembali kegambaran umum kacang tanah 

Komentar

Postingan Populer