Defenisi Sayur dan Buah

Tentu kita sudah mengetahui bersama bahwa sayuran merupakan makanan kita sehari-hari. Dimana sayuran ini umumnya dikonsumsi sebagai pendamping makanan pokok kita. Sayuran bermacam-macam jenisnya. Ada sayuran daun, batang, akar atau dengan kata lain semua komponen dari tumbuhan bisa dijadikan sayuran. Baca juga pembagian sayuran berdasarkan susunan morfologinya

Dalam mengkonsumsi sayuran ada perbedaan setiap orang ataupun suku. Ada yang mengkonsumsi mentah-mentah, setengah matang ataupun dikelolah lebih dahulu. Pengolahannya pun bermacam-macam. Direbus, dimasak, ditumis dan lain-lain. Teknologi Sayur Buah
                    Gb. Flickr
Supaya kita lebih bisa memahami tentang sayuran, maka alangkah baiknya kita memberikan defenisi terlebih dahulu. Sebab masih banyak yang belum bisa membedakan antara sayuran dengan buah. Sebab antara sayur dan buah agak mirip. Sebagai contoh terong sebenarnya buah tetapi bisa dijadikan sayur. Contoh lain nangka kita kenal sebagai sayur nangka, tetapi disisi lain kita kenal juga buah nangka.

Sepintas kita tidak bisa membedakan antara sayuran dan buah, tetapi kalau kita perhatikan maka akan menemukan benang merahnya.

Berdasarkan Struktur

Kalau buah ada proses terjadinya buah yaitu terjadinya penyerbukan antara sel kelamin jantan dan sel betina (benang sari dan putik). Dari situ menghasilkan bakal buah dan buah atau biji. Sedangkan sayuran sifatnya hanya bagian tumbuhan saja tidak melalui proses perkawinan. Jadi buah menghasilkan benih yang bisa ditanam kemudian tumbuh (dari biji).

Kalau buah memiliki daging buah dan ditengahnya ada biji. Sementara sayuran tidak menghasilkan biji. Contoh tomat dikatakan buah karena memiliki daging buah dan biji. Contoh lain mangga, timun, semangka, dan lain-lain.  Sementara sayuran merupakan bagian tumbuhan atau tanaman yang tidak berbuah atau berbiji. Contoh bayam, kangkung, dan lain-lain.

Rasanya

Buah memimiliki rasa yang manis atau asam dan biasanya bisa langsung dimakan dan tidak perlu dimasak terlebih dahulu. Kalau sayur harus dimasak dahulu atau dikelolah dan biasanya akan terasa gurih. Dan dijadikan sebagai pendamping masakan nasi.

Jadi menurut anda apakah timun, buncis, terong, paprika masuk kategori apa? Apa sayur atau buah?. Kalau dilihat dari segi botani masuk buah karena memiliki proses berbunga, buah, memiliki biji dan ditanam bijinya. Tetapi kalau dari segi kuliner bisa dikategorikan sebagai sayur.

Bagaiman umbi-umbian apa sayur atau buah. Jawabannya adalah sayur karena berupa umbi dan tidak memiliki biji.

Berdasarkan Nutrisinya

Buah memiliki kandungan kalori dan kandungan gula yang lebih tinggi. Begitupula kandungan serat buah lebih tinggi jika dibanding sayuran.

Demikianlah perbedaan antara sayuran dan buah.





Komentar

Postingan Populer