Pembagian Sayur Berdasar Morfologi

Setelah kita mengetahui defenisi dari sayur dan buah maka kita perlu juga mempelajari pembagian dari sayuran tersebut. Adapun tujuan dari mempelajari pembagian sayuran adalah supaya kita bisa mengetahui apa manfaat dari tiap sayuran serta kandingan yang terdapat didalamnya. Pembagian sayuran bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Misalnya pembagian sayuran berdasarkan asal daerah, berdasarkan bentuknya, berdasarkan morfologinya dll. 
                     Gb. Flickr
Jenis sayuran berdasarkan morfologinya atau bagian-bagian yang bermanfaat. 

A. Sayuran dengan Akar Dan Umbi

Memanfaatkan bagian yang terdapat pada akar atau umbi yang terdapat dalam tanah. Bagian inilah yang sering kita konsumsi dan selanjutnya dijadikan sebagai sayuran. Diantara tanaman yang termasukdalam hal ini adalah  kentang, wortel, lobak, bawang, ubikayu, ubi jalar, unbi hutan, dll. 

B. Batang

Batang merupakan tempat organ lain untuk melekat. Dari batang tumbuh cabang-cabang primer, sekunder dll. Pada batang akan tumbuh buku-buku atau ruas yang merupakan tempat tumbuhnya daun dan tangkai. 
Contoh yang termasuk sayuran ini adalah tebu, rebung, asparagus, dll. 

C. Sayur daun Dan Tangkai.

Umumnya sayuran daun berwarna hijau karena mengandung klorofil. Klorofil merupakan zat hijau daun yang mempunyai peranan untuk fotosintesis. Fotosintesis mempunyai peranan untuk mengolah klorofil menghasikan energi. Tentu saja dengan bantuan H2O atau air.

Sayuran ini biasanya dijadikan sayur bening atau bisa juga langsung dimakan dengan bumbu lalapan. Beberapa yang termasuk tanaman ini seperti kangkung, bayam, siledri, sawi, kol, kelor, dll.

D. Sayuran Buah.

Kita juga mengenal sayuran yang berasal dari buah. Akan tetapi sebenarnya dikategorikan sebagai buah tetapi oleh sebagian orang menganggapnya sebagai sayuran. Contoh yang termasuk dalam hal ini buncis, labu siang, tomat, mentimun, dan pare.
E. Sayuran Bunga

Sayuran bunga biasanya menjadikan bunganya sebagai sayuran. Sebenarnya bunga merupakan tempatnya untuk melakukan perkawinan tanaman. Pada bunga terdapat putik dan benang sari. Sehingga sebelum terbentuknya buah melalui bunga terlebih dahulu.

Contoh sayuran bunga kobis bunga, brokoli, tebu telur, dan bunga kol.

F. Sayuran Biji.

Sayuran biji sebenarnya juga merupakan buah yang dibuat sayur. Karena sebelum terbentuknya biji melalui proses perkawinan dahulu. Umumnya sayuran biji yang berupa kacang-kacangan memiliki kandungan minyak yang tinggi. Biasanya dikonsumsi dengan cara dimasak terlebih dahulu.

Beberapa sayuran yang berasal dari biji diantaranya kacang tanah, buncis, kenari, bunga matahari.

Semikianlah pembagian sayuran berdasarkan morfologinya. Semoga bermanfaat dan selanjutnya kita akan membahas pembagian sayuran dari sisi lain dimasa yang akan datang. 

Komentar

Postingan Populer