Kandungan Gizi Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan sumber unsur penting dalam tubuh. Diantara kandungan yang terdapat didalamnya yang paling penting adalah vitamin, mineral, serat dan terdiri bermacam-macam anti oksidan, plavonoit, dan sterol. Dengan demikian sayuran dan buah merupakan komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kesehatan akan menjadi baik apabila rajin mengkonsumsi sayuran dan buah. Dan juga akan melindungi tubuh kita dari berbagai penyakit terutama penyakit menular.
                     Gb. Flickr
Umumnya buah dikonsumsi secara segar tanpa dimasak terlebih dahulu. Kecuali dilkukan pengolahan seperti jus, kalengan, penambah cita rasa suatu kue. Sementara sayur-sayuran dikelolah terlebih dahulu. Sayuran biasanya dijadikan pendamping makanan pokok. Ada beberapa sayuran juga dijadikan sebagai makanan lalapan. Seperti kacang panjang, kemangi, dll. 

Mengkonsumsi sayuran yang cukup akan bisa memperpanjang kesehatan yang optimal. Salah satu yang sangat penting adalah memperbaiki pencernaan sehingga pencernasn menjadi sehat. Begitu pula penyakit-penyakit lain bisa dihindari seperti penyakit kardiovaskular, kanker lambung, dan kanker kolorektal. 

Sayur dan buah bisa dijadikan sebagai makanan pengganti karbohidrat atau dijadikan sebagai makanan diet sehat. Dikatakan demikian karena rendah lemak, gula dan garam, bisa juga mencegah kenaikan berat badan atau obesitas. 

Penduduk Indonesia sangat kurang sekali mengkonsumsi sayuran dan buah. Padahal kita ketahui Indonesia merupakan sumber penghasil buah dan sayur. Sering saya melihat terutama anak-anak lebih suka mengkonsumsi mie instan dan bakso serta makanan cemilan yang lain daripada sayur. Itulah salah satu alasannya kenapa masyarakat kurang mau mengkonsumsi sayuran. 

Zat hijau pada daun serta zat warna mengandung  vitamin, mineral juga sebagai sumber serat dan senyawa bioaktif yang termasuk dalam antioksidan. Juga beberapa buah yang berwarna seperti ungu, hitam ataupun merah juga merupakan sumber antioksidan.  Dengan mengkonsumsi buah yang berwarna tersebut bisa mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung, kangker, darah tinggi dan lain-lain. 

Begitupula vitamin A, C dan E sangat berperanan menjaga stamina tubuh sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit. Klorofil dan zat hijau daun juga sangat baik untuk kesehatan karena antioksidan cukup tinggi. 

Sayuran berwarna seperti bayam, kol ungu, terong ungu, wortel, tomat adalah sumber antioksidan untuk melawan radikal bebas sehingga bisa membuat tubuh menjadi kebal penyakit. 

Mengkonsumsi sayuran dan buah dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit. Baik penyakit kronis maupun penyakit biasa.

Artikel terkait:



Komentar

Postingan Populer