Sayuran Yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Asam urat merupakan penyakit yang menimpa persendian. Sakit yang ditimbulkan begitu terasa apabila kita mengkonsumsi suatu jenis makanan tertentu. Purin adalah penyebab terjadinya tematik atau asam urat. 
                    Gb. Flickr
Ada beberapa makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi diantaranya daging dan jeroan. Dan juga didapatkan dari beberapa jenis sayuran. Purin yang terdapat pada makanan tersebut akan dipecah menjadi asam urat. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan purin yang tinggi bisa menyebabkan kenaikan jumlah asam urat. Baca juga: Buah Yang dianggap sayuran 

Sebenarnya purin ditemukan pada berbagai jenis makanan. Purin yang menumpuk tersebut bisa saja menjadi asam urat yang merupakan limbah. Penumpukan limbah itulah yang dapat menyebabkan rasa sakit berlebihan dalam tulang semdi tersebut. 

Akibat mengkonsumsi purin yang berlebih menyebabkan asam urat tersebut mengkristal dan terkumpul dalam persendian. Terkumpulnya dalam jumlah banyak itulah yang menyebabkan terjadinya peradangan sendi. 

Berikut ini beberapa sayuran yang mengandung banyak purin dan harus dihindari ketika seseorang menderita penyakit asam urat. Diantara makanan tersebut adalah Bayam dan Asparagus, kacang-kacangan, kembang kol, dan  jamur.

Purin yang terdapat pada sayuran tidak sama dengan purin pada hewani. Purin pada sayuran bisa dikeluarkan lebih cepat jika dibandingkan dengan purin dari daging, jeroan, cumi-cumi. Ketika mau menghindari asam urat maka hindari makanan tersebut.

Artikel terkait:

Komentar

Postingan Populer