Kebiasaan dan Kekurangan Tikus

Untuk mengurangi populasi tikus maka perlulah kiranya mengenali lebih lanjut tentang tikus. Beberapa hal yang anda perlu ketahui adalah tentang kebiasaan, makanan kesukaan, yang ditakuti, yang disenangi, kekurangan, kelebihan, dll. Dengan mengetahui hal-hal tersebut tentu kita bisa membuat strategi untuk mengurangi populasi tersebut. Baca juga: Makanan kesukaan tikus 

Sebagaimana kita ketahui bahwa tikus bisa merusak lahan sawah kita dengan cara melubangi pematang, bisa merusak berhektar-hektar tanaman padi kita dalam semalam. Dalam hal ini kalau tidak diatasi dengan segera bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kita gagal panen. 

Beberapa kebiasaan tikus yang perlu anda ketahui adalah : 

a. Tikus Tidak Menyukai Cahaya

Karena tikus tidak menyukai cahaya maka tikus lebih sering menyerang tanaman terutama padi pada malam hari. Jadi pada siang hari tikus bersembunyi pada liang sarang dan semak.  Ini bisa menjadi pelajaran bagi petani kita karena dengan mengetahui hal tersebut membuat kita bisa mengatur jarak tanam. Artinya kita membuat supaya tanaman kita selalu kena cahaya. Jarak tanam jangan terlalu rapat sehingga cahaya matahari bisa mengenai langsung sampai permukaan tanah. 

b. Tikus Menyukai Hal-hal Yang Jorok

Kalau dalam istilah pertanian kita kenal dengan sanitasi lahan kita. Sanitasi yaitu senantiasa kita membersihkan gulma yang ada pada padi kita. Sehingga gulma itu tidak menutupi permukaan tanah. Dengan demikian cahaya matahari dan rembulan tetap menembus tanaman kita. Dengan kebersohan lahan kita sekurang-kurangnya bisa mengurangi serangan tikus. 

c. Tikus Biasanya Membuang Kotoran Disekitar Sarang

Tikus bila buang hajat biasanya berserakan disekitar sarangnya. Tikus biasanya membuat sarang pada daerah yang memiliki banyak sumber makanan dan air. Sarang tikus selalu punya pasangan sarang hanya saja pasangan sarangnya tidak dibuat tembus. Tetapi padangan satang tersebut agat tipis. Sarang tersebut nanti digunakan saat darurat.  

Dengan mengetahui ini kita bisa membuat langkah untuk mengatasinya. Ditingkat petani biasanya dalam memberantas tikus biasanya pokus pada sarang. Pemberian racun didepan sarang, membongkar ataupun juga dengan cara membersihkan rumput disekitar sarang.

d. Kegiatan Sehari-hari

Tikus ketika melakukan aktivitas harian memilili jarah jelajah senantiasa sama setiap harinya. Senantiasa mendeteksi lingkungan yang disukai, sumber makanan/air, dan tempatnya untuk sembunyi. Tikus hidupnya berkelompok dan setiap kelompok mempertahankan daerah kekuasaannya. Biasanya dalam satu kelompok jantan yang kuat menjadi pemimpin mereka bertugas untuk melindungi kelompoknya dari kelompok lain. Tikus betina juga punya peranan untuk menjaga sarangnya. 

Tikus dalam merusak sawah yaitu dengan mengerat tanaman padi. Kebiasaan mengerat tersebut dengan kemampuan merusak 5 kali lebih besar dari kebutuhan makannnya. Gambaran umum tikus

Demikianlah hal-hal penting yang perlu diketahui tentang tikus. 

Komentar

Postingan Populer