Keong Emas

Keong emas merupakan hama yang juga banyak menyerang tanaman padi. Keong merusak padi dengan cara memakan batang padi hingga daun sampai habis. Terutama menyerang padi yang masih muda. Atau menyerang padi yang baru dipindahkan. Hama ini termasuk susah dikendalikan karena tinggal dalam air. Walaupun sekarang sudah ditemukan formula untuk membasminya akan tetapi terkadang juga ada beberapa yang bandel. 
                      Gb. Flickr
Keong emas termasuk herbivora karena pemakan tumbuhan. Perkembangbiakan keong emas sangat meresahkan petani karena memiliki telur yang banyak dan terbilang cepat menetas. Biasa menyerang pada saat air dalam sawah terlalu tinggi. Olehnya itu salah satu cara pengendalian awal dengan cara pengaturan air sawah. Terutama pada saat padi masih muda. Setelah padi besar sudah tidak jadi masalah lagi. Baca juga: Hama walangsangit pada tanaman padi

Telur keong emas berwarnah merah muda. Biasanya meletakkan telur pada bagian atas permukaan air. Artinya telurnya tidak berada dalam air. Biasanya diletakkan pada batang-batang padi atau kalau ada benda disekitar padi kita. Misal kayu, pematang, rumput dll. Keong air bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan, sehingga dapat menyerang padi siang hari . Tetapi lain halnya dengan siput darat hanya menyerang malam hari.karena tidak tahan panas.
Artikel terkait:

Komentar

Postingan Populer