Tikus

Tikus memiliki  berbagai macam jenis. Umumnya tikus merupakan hama yang merusak. Baik tikus yang tinggal di dalam rumah maupun yang hidup di alam bebas. Di dalam rumah misalnya bisa merusak apa saja seperti kabel, gudang, pakaian dalam lemari, dll. Mereka bahkan menggigit manusia saat tidur. Dahulu tikus sangat takut sama kucing, tetapi sekarang sudah tidak takut lagi. 
                    Sumber gb. Fixel.com
Di dalam rumah tikus berkeliaran dimana-mana, bahkan didepan kita berkeliaran. Seakan-akan menantang kita. Untuk menghadapi tikus maka pertama-tama yang harus kita lakukan adalah sanitasi lingkungan. Sebab biasanya tikus menyukai hal-hal yang kurang bersih. Karena salah satu sarana informasi tikus adalah kencingnya. Dengan kencing dimana-dimana memberikan indikasi bahwa daerah itu adalah daerah kekuasaannya. 

Hal lain yang perlu kita lakukan adalah memelihara musuh utama dari tikus atau minimal tidak membunuhnya. Musuh utama seperi kucing, anjing, ular, burung elang, dll. Atau membuat tidak betah dengan menanam atau menyimpan hal-hal yang tidak disukai oleh tikus. 

Kalau sudah kelewatan bisa kita lakukan pemberantasan secara kimia. Asalkan melakukan dengan cara bijaksana atau tidak merusak lingkungan. 

Berikut ini hal-hal terkait tentang tikus yang perlu anda ketahui supaya bisa referensi untuk mengenal tikus detail.

Komentar

Postingan Populer