Perkembangbiakan Tikus

Tikus merupakan binatang pengerat yang sangat rakus. Dalam hitungan hari bisa menghabiskan atau merusak tanaman persawahan.  Hal ini berkaitan dengan kemampuan tikus untuk berkembang biak yang begitu cepat. Perkembangan yang begitu cepat tentu saja akan merusak lebih cepat. Bahkan bisa merusak hingga hektaran permakamnya. Dan bahkan bisa menyebabkan gagal panen. 

Tikus sudah bisa berproduksi pada umur 1.5 - 5.0 bulan. Lamanya tikus hamil selama 21 hari. Satu ekor tikus bisa melahirkan 6 - 8 ekor anak. Setelah 21 hari kemudian berpisah dengan induknya. Tikus dapat melahirkan 4 kali dalam setahun. Tikus memiliki rentang  hidup antara 1 - 3 tahun. Dan bisa beranak pinak hingga 15.000 ekor. 

Tikus memiliki kemampuan insting yang baik. Dia bisa mempelajari hal-hal yang dia hadapi. Dan bisa mendeteksi hal-hal yang asing buat mereka. Sehingga ketika kita memberi racun kepada mereka maka akan dipelajari terlebih dahulu. Jadi tidak serta merta memakan racun yang kita berikan akan tetapi mempelajari terlebih dahulu. Nanti dia pahami betul baru mau mengkonsumsi makanan racun tersebut. 



Komentar

Postingan Populer