Teknologi Buah Dan Sayur

Sudah kita ketahui bersama bahwa tanaman sayur dan buah memiliki beberapa sifat atau karakteristik yang berbeda dengan perekonomian lainnya.
                    Gb. Flickr
Diantara hal yang sangat mempengaruhi sayur dan buah adalah 

  1. Sayur dan Buah sebagian besar sifatnya musiman 
  2. Sayur dan buah tidak bisa disimpan lama
  3. Sayur dan buah dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. 
Karena ketiga sifat tersebut diatas maka sayur dan buah ini perlu dicarikan solusi supaya bisa disimpan lama. Dan bisa tersedia disetiap saat. 

Olehnya itu diperlukan pengetahuan khusus yang mengarahkan pertanian kita kearah agribisnis. Dimana konsep agribisnis ini mengola hasil pertanian menjadi lebih baik. Dengan demikian semua masalah yang saya sebutkan diatas bisa diatasi dengan konsep agribisnis. Defenisi sayur dan buah

Konsep agribisnis ini dalam mengolah sayur dan buah dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari pengadaan benih sampai panen dan dilanjutkan kepengolahan sampai kekonsumen.

Dengan melakukan hal seperti itu membuat pendapatan petani akan meninfkat. Peningkatan terjadi karena petani bisa memahami bagaimana cara bertanam dan mengolah hasil pertanian kita.

Agribisnis memiliki berbagai macam konsumen yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari pengadaan sarana prasarana, budidaya atau prodiksi, pengolahan sampai kepada pemasaran. Baca juga: Sayur buah untuk kesehatan optimal

Komentar

Postingan Populer