Fotosintesis

Tumbuhan dalam melakukan proses pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan yang namanya fotosintesis. Fotosintesis adalah proses biokimia yang terjadi pada tumbuhan untuk pembentukan zat makanan. Contoh zat yang terbentuk adalah karbohidrat. Yang berperanan dalam fotosintesis adalah zat hijau daun atau klorofil. Ada juga tumbuhan lain yang melakukan fotosintesis yang tidak memiliki klorofil seperti algae dan beberapa jenis bakteri.
              Sumber gb. www.google.com

Fotosintesis hanya bisa terjadi pada siang hari saat ada matahari. Disamping itu juga membutuhkan air dan karbondioksida untuk reaksi kimia fotosintesis.
Karbon dioksida ( CO2 ) didapatkan dari udara melalui stomata. Sedang air didapatkan dari tanah disalurkan melalui akar dan batang.

Klorofil pada daun menangkap energi dari cahaya matahari  yang jatuh. Cahaya tersebut melewati lapisan epidermis tanpa warna atau transparan. Selanjutnya diteruskan menuju mesofil. Fotosintesis tersebut umumnya terjadi pada mesofil. 

Energi digunakan mengubah air menjadi gula/glukosa  (C6H12O6) dan oksigen (O2). Dari proses tersebut maka terbentuklah makanan bagi tumbuhan.  Oksigen yang dihasilkan oleh proses fotosintesis dikeluarkan lewat mulut daun. Oksigen yang dikeluarkan tersebut berada diudara bebas yang selanjutnya dihirup oleh manusia dan hewan  dalam kehidupannya. Disimpulkan bahwa oksigen dihirup oleh manusia dari tumbuhan sementara karbon dioksida yang dikeluarkan oleh manusia dimanfaatkan ulang oleh tumbihan. 
Baca juga: Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis 

Komentar

Postingan Populer