Pupuk KCl

Pupuk KCl sangat dibutuhkan oleh tanaman dalam perkembangan tanaman. KCl terdiri atas 2 unsur yaitu K dan Cl. KCl adalah salah satu jenis pupuk yang sering digunakan untuk memperbaiki kualitas tanaman padi. KCl mengandung kadar kalium (K2O) sebesar 60% serta klorida 46%. Pupuk KCl memiliki warna merah maupun putih dengan tekstur yang menyerupai kristal. Baca juga: pupuk Urea

Sifat dari pupuk KCl adalah mudah larut dalam air. Secara umum hara K tidak perlu diberikan setiap musim. Tetapi bisa diberi tiap 6 musim sekali. Kalium yang diberikan ke tanah yang diserap oleh tanaman cuma 30% dan sisanya terakumulasi dalam tanah. Air irigasi juga menyumbangkan unsur hara K cukup tinggi sekitar kurang lebih 23 kg K2O/ha/musim.

Seandainya petani tidak membakar atau mengambil jerami dari sawah tetapi mengembalikannya maka tidak perlu lagi menambah KCl karena 80% unsur K ada dalam jerami.

KCl lebih baik diaplikasikan setelah tanaman masuk pada tahapan generatif pada saat menjelang berbunga. Tentu saja hal ini akan membantu meningkatkan kualitas biji maupun buah. Tanaman juga akan menjadi kuat dan kokoh sehingga menjaga tanaman dari gangguan hama maupun penyakit.


Pupuk kalium(KCl) juga bisa dibuat dengan cara organik yaity dengan menggunakan sabut kelapa. Berikut ini tahapan ketika kita membuat kalaium dari sabut kelapa: 
  1. Sabut kelapa kurang lebih 25 kg dan air jernih sebanyak kurang lebih 40 liter, serta sebuah drim bekas
  2. Sabut kelapa dibersihkan kemudian diletakkan dalam drum bekas
  3. Tuangkan air bersih kedalam drum hingga separuhnya. 
  4. Drum ditutup untuk mempercepat proses fermentasi dan untuk menghindari masuknya air hujan kedalam drum
  5. Drum didiamkan kurang lebih 15 hari
  6. 15 hari kemudian air rendaman akan berubah menjadi warna hitam kekuningan dan siap untuk diaplikasikan
  7. Pupuk KCl organik ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada padi yang mulai berbuah. Cara penggunaannya disemprotkan pada bagian daun yang menghadapa kebawah. Teknik aplikasi pupuk cair organik Super ACI  organik cair lainnya.
Selamat mencobah...

Komentar

Postingan Populer