Cincau

Cincau

Cincau merupakan penganan yang berwarna hijau atau hitam yang terbuat dari beberapa tumbuhan. Daun cincau diremas atau dihancurkan kemudian diperas airnya. Setelah itu airnya didiamkan beberapa waktu dan akhirnya membentuk gel atau seperti agar-agar. Terjadinya pembekuan tersebut karena daun tersebut mengandung karbohidrat yang bisa terikat dengan melekul-melekul air. 

Syarat Tumbuh Cincau

Daun cincau terdapat banyak melimpah di alam kita Indonesia. Tumbuhnya pada dataran tinggi sekitatar 800 mdpl dengan PH 5.5 - 6.5. Tumbuh secara liar pada hutan yang lembab baik secara vegetatif maupun generatif. Di Indonesia banyak tumbuh didaerah Jawa, Sulawesi, Bali, Sumbawa dan Lombok. Bukan berarti di daerah lain tidak ada. Cincau yang banyak dikenal terdiri atas 3 jenis yaitu cincau hijau, hitam dan minyak. 

Cincau
Cincau 

Manfaat Cincau

Cincau bermafaat terhadap tubuh karena mengandung antioksidan seperti flavonoid, saponin dan polifenol. Peranannya sangat penting karena mencegah tubuh dari radikal bebas. Vitamin yang berperanan untuk antioksidan adalah vitamin A dan Vitamin C. 

Disamping itu sangat baik terhadap pencernaan karena mengandung serat yang tinggi. Tentu saja hal ini akan menyehatkan usus kita seperti kanker usus, kolestrol dan darah tinggi. Serat yang tinggi sementara kalorinya rendah. Sehingga dengan sering mengkonsumsi akan mencegah diabetes. 

Baca juga : 

Es kul kul 

Manfaat kelapa muda saat buka puasa

Makanan sehat saat buka puasa 

Manfaat kurma berbuka dan sahur 


Komentar

Postingan Populer