Minyak Makan Merah Sebagai Pangan Fungsional

Minyak makan merah merupakan salah satu olahan minyak goreng dari kelapa sawit dimana harganya lebih rendah dari minyak sawit biasa. Pabrik pertama di Indonesia di Deli Serdang Sumatera utara. Kunjungan Jokowi ke pabrik itu 14/3/2024. 

Diharapkan  yang mengelolah pabrik pembuatan minyak makan merah adalah umkm masyarakat menengah ke bawah. Jangan memberi ruang yang besar kepada pengusaha besar. Sebab dengan memberi ruang  maka kemungkinan seperti sebelum-sebelumnya pabrik akan dikuasai oleh sebagian kecil orang yaitu orang kaya.  Olehnya itu pemerintah harus mengontrol prodesen minyak makan merah tersebut. 

Warna minyak makan merah terang dan mencolok, jika dibanding minyak sawit biasa memiliki aroma yang tajam. Warnanya mengikuti warna dari buah sawit yaitu merah tua. 

Apa itu minyak makan merah?

Berdasarkan peraturan menteri koperasi dan usaha kecil dan menengah RI no.5 tahun 2023 tentang tata kelolah minyak makan merah berbasis koperasi. 

Defenisi minyak maksn merah adalah minyak yang diperoleh dari rafinasi tanpa pemucatan (bleaching) dan deadorisasi dan melalui fraksinasi minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil atau cpo) yang digunakan sebagai minyak goreng, bahan baku pangan, ditambahkan pada pangan, dikonsumsi langsung sebagai tambahan asupan zat gizi, atau sebagai fortifikan minyak goreng sawit dan bahan baku nutrasetikal. 

Baca juga : manfaat kangkung tumis untuk kesehatan 

Beras SPHP 5 kg beras murah yang berkualitas 

Minyak makan merah memiliki kandungan vitamin A dan Vitamin E. Mengandung asam oleat dan asam linoleat. Kandungan tersebut bisa memperbaiki nutrisi otak anak kita. Vitamin A untuk mata dan Vitami E untuk kecantikan. Minyak makan merah memiliki potensi besar sebagai makanan funsional. 


Komentar

Postingan Populer