Limbah Organik Bermanfaat Untuk Lingkungan

Limbah Organik 

Limbah organik adalah sisa-sisa mahluk hidup yang telah mati atau membusuk. Dimana bahan ini sudah tidak memiliki nilai atau berupa bahan ronsokan.  Yang termasuk didalamnya seperti limbah sayur dan buah, air kencing, tinja, bulu-bulu, tulang-tulang, ranting kayu, serbuk gergaji, dedaunan, dan lainnya. Semua sisa tersebut akan mengalami proses pelapukan dan kembali ke alam. 

Limbah organik bisa diurai menjadi partikel yang lebih kecil. Sehingga nantinya tidak membahayakan mahluk hidup. Proses penguraiannya terjadi secara biologis dimana prosesnya ada yang berlangsung lama dan ada yang berlangsung cepat. Proses pelapukan tersebut dibantu oleh mikrorganisme ataupun binatang-binatang besar (makrorganisme) Contoh binatang besar pengurai seperti burung pemakan bangkai. Sementara mikrorganisme seperti bakteri, virus, jamur dan lainnya. 

Manfaat Limbah 

Berbagai macam limbah akan sangat bermanfaat untuk kelanjutan hidup di alam.  Limbah tersebut bisa dirubah menjadi produk bermanfaat. Limbah tersebut apabila terurai akan menjadi  pupuk organik pada tanaman. Pupuk organik ini memiliki unsur hara yang lengkap. Dengan menggunakan pupuk organik tersebut membuat tanaman kita menjadi subur dan berkualitas baik. 

Limbah cair seperti kencing sapi, kelinci, dan lainnya bisa dibuat menjadi pupuk organik cair. Kandungan amoniak yang ada pada air kencing sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman. 

Ada limbah padi, limbah kacang-kacangan, daun-daunan, kotoran ternak, batang pisang dan lainnya bisa dirubah menjadi kompos. Kompos tersebut sangat bermanfast untuk tanaman dan bisa memperbaiki struktur tanah. 

Limbah gergaji bisa dibuat kerajinan tangan. Contoh bisa dibuat  lemari yang sangat baik, ini bisa kita lihat seperti lemari olimpik. Limbah gergaji juga bisa dimanfaatkan menjadi media tumbuh tanaman. 

Limbah Lunak 

Limbah lunak organik memiliki ciri-ciri mudah diolah menjadi produk yang tidak berbahaya. Contoh, jerami, dedaunan, serbuk gergaji dan lainnya. Kemudahan ini terjadi karena kadar air yang tinggi. Limbah lunak ini bisa juga terurai tanpa adanya campur tsngan manusia. Contohnya dedaunan di hutan hancur menjadi humus dalam proses yang lama.   
Limbah anorganik
Limbah Lunak an organik
Limbah lunak an organik merupakan limbah yang berasal dari bahan kimia. Tetapi bisa diolah menjadi bahan bermanfaat untuk mengurangi bahaya yang ditimbulkan. Limbah ini bukan berasal dari mahluk hidup. Tidak bisa diurai oleh mikrorganisme walaupun dalam jangka panjang. Contoh, pelastik, sisa selang, pecahsn kaca, ptongan besi  grlas pelastik bekas, oli bekas dan lsinnya. Limbah ini harus ditangani secara khusus. 

Baca juga : 




Komentar

Postingan Populer