Pengertian Mutu Pangan

Mutu Pangan

Menurut PP no. 28 tahun 2004 adalah nilai yang ditentukan atas dasar keamanan pangan, kandungan gizi, dan standar perdagangan terhadap bahan makanan, makanan dan minuman. 

Kandungan Gizi

Kualitas suatu bahan pangan biasanya dinilai dari kandungan energi makanan  dan umur simpan yang dimilikinya. Semua makanan merupakan sumber energi, hanya saja berbeda antara satu dengan yang lainnya. Satu jenis produk saja terkadang kandungan gizinya berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, misalnya asal pangan, suhu, musim, cara pengolahan dan lainnya. Contoh langsat Polmas dengan langsat Sinjai kemungkinan ada perbedaan nilai gizinya. 

Energi didapatkan dari nilai gizi yang terdapat pada suatu bahan pangan. Nilai gizi dalam suatu bahan pangan berpariasi untuk setiap jenis pangan tersebut. Variasi itu bisa berupa karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan masih banyak yang lainnya. Ketersediaan energi tersebut akan memberikan kesehatan yang maksimal kepada kita. Asal saja cara mengkonsumsi  seimbang dan tidak berlebihan. 

Keamanan Pangan

Kondisi dimana suatu bshan pangan harus terhindar dari cemaran biologi, kimia dan benda-benda yang kemungkinan membahayakan, merugikan, atau mengganggu kesehatan manusia. Juga tidak bertentangan dengan agama dan budaya masyarakat sehingga aman untuk dikonsumsi. 

Baca Juga 

Komentar

Postingan Populer