Manfaat buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis dengan rasa manis kecut lembut merupakan buah yang mengandung serat, vitamin c dan juga kaya akan kalium. Menurut beberapa literatur ternyata mengkonsumsi manggis secara teratur bisa menormalkan tekanan darah dan kolestrol dalam tubuh. Maka secara otomatis manggis sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Manfaat buah manggis
Gambar buah manggis
Manggis juga bisa mengobati infeksi saluran kencing, mengobati sariawan, memperbaiki saluran pencernaan. 

Kandungan manggis

Manggis mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, vitamin B6, folat, dan serat. Mengandung anti oksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas. 

Manfaat Kulit Manggis Dan Cara Mengolahnya 

Bukan hanya buahnya yang bermanfaat untuk kesehatan, ternyata kulitnya juga sangat baik untuk kesehatan. Kulit manggis juga memiliki anti oksidan yang cukup tinggi. Beberapa manfaat diantaranya, mencegah dan mengobati kangker. Menurunkan kadar LDL darah yaitu kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kulit manggis bisa menurunkan LDL dan juga mempengaruhi kinerja jantung. 

Kandungan antioksidannya juga bisa mencegah dan mengobati peradangan tulang dalam tubuh. Juga bisa mengobati penyakit gula darah. 

Cara pengolahan kulit manggis 

Cara mengolah kulit manggis tidaklah susah. Mula-mula ambil kulit manggis kemudian bersihkan. Setelah itu potong-potong menjadi bagian kecil. Setelah itu kukuk dalam air mendidih sekitar 3 sampai 5 menit. Tujuannya untuk mematikan bakteri negatif yang ada dalam kulit manggis dan juga untuk menghilangkan getahnya. 

Setelah itu haluskan dengan blender. Ambil beberapa gram (1 sendok), rebus dengan 2 gelas hingga menjadi 1 gelas. Silahkan dikonsumsi. Bila terlalu pekat atau pahit bisa ditambsh sedikit gula atau madu. 

Bisa juga setelah direbus dijemur terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu diblender sampai halus. Silahkan simpan, dan seduh sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan. 

Terkait : 






Komentar

Postingan Populer