Manfaat Cahaya Matahari Pada Tanaman

Matahari merupakan sumber energi bagi tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Matahari yang memasak makanan menjadi energi yang dibutuhkan oleh tanaman. Proses itu disebut dengan proses fotosintesis.
Cahaya Matahari Diselah Dedaunan

Fotosintesis akan terjadi apabila ada unsur lain yang terlibat diantaranya senyawa air, oksigen, karbondioksida, klorofil, matahari. Selain itu ada juga faktor lain yang mempengaruhi diantaranya suhu, umur daun, tahapan pertumbuhan tanaman, tronslokasi karbohidrat dan kadar fotosintat. 

Hasil akhir dari fotosintesis menghasilkan glukosa. Glukosa tersebut dimanfaatkan kembali oleh tanaman untuk menghasilkan energi baru. Sebagian ditransfer kebuah, kebatang, kedaun dan ke akar. Itulah sebabnya sehingga tanaman bisa tumbuh berkembang. 

Dampak Tanaman Kekurangan Cahaya Matahari

Apabila tanaman kekurangan cahaya matahari misalnya berada pada tempat terlindung maka tanaman akan memanjang. Karena sifat tanaman selalu bergerak kearah matahari. Akibatnya batang tanaman menjadi kurus. Sehingga semakin lama semakin lemah dan akhirnya patàh. 

Daun tanaman menjadi pucat, hal ini terjadi karena pada daun tidak terjadifotosintesis.  Padahal daun adalah tempatnya tanaman untuk memasak makanannya. Dan dari situ dialirkan keseluruh bagian tanaman. Baik itu buag, batang, sampai ke akar. Jadi makanan yang diserap oleh tanaman harus diproses dahulu didaun. 

Baca juga : 





Komentar

Postingan Populer