Kepiting Tapal Kuda Untuk Kesehatan

Kepiting tapal kuda atau kita kenal dengan nama kepiting purba. Dikatakan purba karena kepiting ini sudah ada sejak ratusan juta tahun lalu. Memiliki darah biru yang harganya tidak main-main. Perliternya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Darah biru tersebut mengandung zat yang bisa menangkap bakteri dan membuatnya bembeku secepat kilat.

Kepiting
Gb kepiting sumber: pixels

Darah biru tersebut bersumber dari hemosianin yang terdiri atas tembaga. Atau istilah ini sama dengan hemoglobin berupa atom besi yang memberi warna gelap pada darah manusia. 

Menurut info dari beberapa artikel yang saya baca darah kepiting tapal kuda sangat berjasa untuk kesehatan manusia. Misalnya digunakan untuk membuat vaksin pada manusia untuk kekebalan tubuh. Darah biru pada kepiting berfungsi untuk melindungi tubuhnya saat ada serangan bakteri yang menyerang tubuh kepiting tersebut dan begitupula ketika ada racun yang mendekati kepiting langsung dicegah. 

Kepiting ini juga sangat bermanfaat untuk burung-burung yang ada disekitar pantai karena dijadikan sebagai makanan bergizi terutama telur-telurnya.  Secara tidak langsung kepiting ini memberikan kekebalan tubuh pada hewan yang memansanya. Cangkan dari kepiting ini dijadikan tempat berlindung hewan-hewan kecil seperti halnya kalomang(bahasa makassar). 

Kepiting juga dijadikan sebagai umpan untuk menangkap ikan para nelayan. Hanya saja saat ini kepiting ini sudah semakin langkah karena adanya pembangunan dipinggir pantai dan naiknya air laut kedaratan. Hal ini tidak memungkinkan perkembang biakan yang berkelanjutan. 

Baca juga : 

Pastel termasuk menu buka puasa yang digemari 

Es kul kul 


Komentar

Postingan Populer