Jangan Konsumsi Mi Instan Saat Sahur

Saat bulan puasa terkadang membutuhkan makanan yang sifatnya instan. Terutama saat sahur terkadang membutuhkan makanan yang cepat dan siap saji. Mi instan adalah salah satu pilihan yang sangat tepat untuk itu. Akan tetapi ternyata mi instan bisa mempercepat rasa lapar. Mi instan terbuat dari tepung terigu dengan menambahkan nutrisi sintetis seperti penambahan vitamin B dan zat besi. 

Mi instan mengandung karbohidrat yang mudah dicerna oleh tubuh dan mengandung gula sederhana. Hal inilah yang menyebabkan mi instan sangat cepat diserap oleh tubuh sehingga mempercepat rasa lapar. Disamping itu bisa meningkatkan kadar gula sehingga sangat berbahaya untuk penderita gejalah diabetes. 

Mi instan mengandung MSG yang tinggi sehingga bisa memberi perasaan  tenggorokan seperti nyeri terbakar , sakit kepala, nyeri dada. Hal ini tentu sebagian orang telah merasakan seperti itu tetapi kebanyakan orang tidak memperhatikan. Olehnya itu setelah membaca tulisan ini coba rasakan reaksi tubuh anda setelah mengkonsumsi mi instan. 

Andaikata tidak ada makanan lain dan tetap nekat konsumsi maka tambahkan makanan lain yang memiliki gizi. Sebab mi instan kandungan nilai gizinya sangat sedikit. Beberapa makanan yang bisa ditambahkan seperti sayuran, telur, sosis, daging dan lainnya tergantung selera. 

Mi instsn bisa merusak pencernaan, hsl ini ada kaitannya dengan zat lilin yang terkadung dalam mi instan. Zat lilin tersebut melengket dalam usus dan tidak cepat hancur. Biasanya butuh 3 sampai 7 hari baru zat lilin tersebut baru hancur. Andaikata setiap hari mengkonsumsi mi instan bisa dipastikan usus dan lambung tertutupi zat lilin yang semakin banyak. Akibatnya pencernaan terganggu seperti sembelit, mual, mencret dan lainnya. 

Baca juga : 




Komentar

Postingan Populer