Pastel Termasuk Pilihan Makanan Buka Puasa



Pastel termasuk makanan cemilan semacam pastri yang cara pembuatannya meletakkan isian di atas adonan, lalu dilipat. Untuk daerah Sulawesi pastel kita kenal dengan nama jalan kote. Rasanya berbeda-beda sesuai dengan isian, bisa terasa manis atau gurih. Isiannya bisa isian kering dan bisa isian basa.

Isiannya berupa wortel, toge, telur, daging dan lainnya tergantung selerah penjualnya. Harga pastel berbeda-beda tergantung besar dan isinya. Pastel berisi daging tentu lebih mahal jika dibanding isi sayur.

Suatu hari saya datang ke Jakarta untuk suatu keperluan. Ditempat itu ada berkumpul beberapa penjual. Kalau tidak salah waktu itu diadakan muktamar wahda Islamiyah. Peserta muktamar tentu datang dari berbagai propinsi yang ada di Indonesia. Disekitar tempat muktamar itu tersedia berbagai lapak, seperti lapak pakaian, makanan, eletronik dan lainnya.
Gambar Pastel

Waktu itu saya mendatangi lapak makanan yang mana disitu menjual pastel. Karena di Makassar saya sering makan pastel, maka saya iseng bertanya berapa harganya Jalan Kote? Penjualnya kebetulang orang Jawa tentu bingung yang mana saya maksud. Akhirnya penjual disitu bingung dan saling melirik sambil ketawa ringan. Akhirnya saya tunjuk langsung dengan perasaan kikuk dan juga malu-malu. Penjual bilang ohh pastel kemudian saya menjelaskan bahwa di Makassar namanya Jalan Kote.

Jalan kote di Makassar termasuk salah satu pilihan untuk buka puasa. Disetiap kesempatan saya selalu beli beberapa biji. Rasanya memang nikmat apalagi dikasih kuah saat dimakan. Ujungnya digigit kemudian ditetesi kuahnya. Saya juga sering pakai mangkok, disuil-suil pastel tersebut dan disiram kuah. Kuahnya terbuat dari cabe ditambahkan bumbu.   

Baca juga : 




Komentar

Postingan Populer