Jangan Coba-coba Mengkonsumsi Ikan Buntal Berbahaya

Sudah banyak kasus yang mengalami keracunan akibat mengkonsumsi ikan buntal. Ikan buntal mengandung racun yang sangat mematikan. Bahkan racunnya lebih berbahaya dari racun sianida. Racun yang ada pada ikan buntal bernama tetrodoksin. 

Baru-baru ini tersiar berita bahwa di Maluku 3 orang dalam 1 keluarga tewas setelah mengkonsumsi ikan buntal. Olehnya itu kalau anda bukan ahli dalam memasak ikan buntal, maka jangan sekali-kali mencoba. Sebab racun itu tidak akan hilang walaupun dimasak. Hanya koki yang berpengalaman yang bisa mengetahui secara pasti keberadaan racun tersebut. 

Jepang merupakan negara yang suka mengkonsumsi ikan buntal. Olehnya itu dinegara tersebut merupakan tempat yang mengalami banyak kasus keracunan. Sebagian yang berkasus mengalami kematian. Racun tetrodoksin pada ikan buntal terletak pada kulit, hati dan kelenjar kelamin. Olehnya itu harus dibersihkan pada area tersebut. Tetapi kalau tidak propesional maka salah-salah racun akan meresap ke dalam daging. 

Untuk menghilangkan racun buntal caranya dengan membuang yang dianggap beracun, tetapi hanya koki yang propesional yang bisa melakukannya. Itupun koki yang memiliki sertifikat. Anadaikata mau makan ikan buntal, makan saja di hotel yang memang menyiapkan. 

Intinya disarankan untuk tidak mengolah sendiri daging buntal kalau tidak propesional. Dahsyatnya racun ini walsupun hanya mengkonsumsi 1 - 4 miligram saja bisa menyebabkan keracunan. Gejala keracunan seperti mati rasa pada mulut, mual dan muntah. 

Semoga bermanfaat
@amranlangi_official 


Komentar

Postingan Populer