Botani Tanaman Kangkung

Susunan taksonomi dan morfologi dari tanaman kangkung adalah sebagai berikut:

A. Taksonomi

Klasifikasi tanaman kangkung adalah
Divisio           : Spermatophyta
Sub-divisuo  : Angiospermae
Kelas              : Dicotyledoneae
Famili            : Convolvulaceae
Genus            : Ipomoea
Species          : Ipomea aquatica Forsk                                      (kangkung air), I. reptans Poir                          (kangkung darat).

Sebenarnya masih banyak lagi jenis kangkung seperti kangkung hutan, kangkung pagar dan lain-lain.

B.Morfologi Kangkung

Tanaman kangkung merupakan tanaman menetap dan bisa bertumbuh lebih dari satu tahun. Batang dari tanaman kangkung yaitu bulat panjang, berbuku-buku, berlubang tengahnya juga mengandung air yang banyak. Tanaman kamgkung merambat dan juga memiliki banyak cabang. Bila salah satu batang atau tangkai dipotong maka akan munculpotongan lain.


                  Sumber gb. google.com
Tanaman kangkung memiliki akar  tunggang dan pada akar terbut tumbuh akar-akar kecil yang menyebar kesegala arah. Bisa menembus tanah dengan kedalaman antar 60-100 cm.tanaman ini juga bisa melebarkan akarnya antara 100 -150  CM. Baca : manfaat kangkung tumis untuk kesehatan 

Tangkai daun melekat pada buku-buku batang dan diketiak daunnya. Bentuk daun seperti jantung hati, ujung runcing dan biasa juga tidak runcin.

Tanaman kangkung berbunga, berbuah dan berbiji. Bentuk bunga seperti terompet. Daun mahkota bungaberwarnah putihatau merah lembayung. Buah seperti bulat telur. Didalamnya berisi 3 biji. Bentuk biji persegi-segi atau agak bulat. Berwarna coklat atau kehitam-hitaman. Biji kangkung berkeping dua atau dikotil. Kangkung bisa dikembangkan secara vegetatif dan generatif. 

Komentar

Postingan Populer