Betulkah Petani Kita Jadi Korban Ekonomi?

Aciindonesia-Sering kita mendengar konsumen mengeluh bahwa harga dipasar terlalu tinggi. Dan bahkan sering kali kita melihat masyarakat konsumen menuntuk diturunkan harga. Bahkan ketika harga terlalu tinggi biasanya ada operasi pasar. Biasanya pemerintah menjual sembako murah. Pupuk cair organik super aci meningkatkan hasil panen 

Nun jauh disana petani bekerja di sawah mulai pagi sampai matahari terbenam. Keringat bercucuran mengolah sawahnya. Mereka begitu tekun kesawah rutin setiap hari. Satu harapan supaya padi mereka bisa menghasilkan hasil maksimal. Mereka pun membeli pupuk, racun, bahkan ada yang menyewa tenaga kerja untuk membantu. 

Itu pun terkadang ada waktu tertentu hasil pertanian mereka sangat memperihatinkan karena terserang hama penyakit yang tidak bisa diatasi. Tetapi begitulah yang dia jalani selama ini. Bahkan tidak jarang mereka mendapat hasil rugi karena pendapatan lebih kecil dari harga yang didapat. Ditambah sifat hasil pertanian dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Petani panen harga turun. 

Ada kecendrungan lebih mengutamakan konsumen dari pada petani. Bila harga beras dinaikkan konsumen pada mengeluh dan bahkan diantara mereka menyalahkan pemerintah akibat harga petanian melambung tinggi  

Kasian petani kita dipermainkan oleh pedagang. Harga mereka dibeli dengan harga termurah. Itu pun tidak langsung dinikmati karena ada pedagang mengambil dahulu padi mereka nanti setelah dijual baru dibayar kepetani. Walaupun tidak semua pedagan seperti itu, tetapi yang jelas petani sudah menjadi korban karena lambat menikmati hasil. 

Ada juga pedagang sudah memberi dahulu kepada petani uang nanti panen baru bayar. Tetapi ini juga merugikan petani. Karena harga sedikit lebih murah. Tetapi itulah jalan satu-satunya untuk dapat uang cepat. Itulah yang dialami oleh petani kita. 

Satu solusi yang hendaknya diberikan kepada petani adalah konsep agribisnis. Yaitu suatu konsep untuk membuat petani menjadi sejahtera. Tetapi apakah petani bisa seperti ini. Tentu saja bisa dilaksanakan kalau ada dukungan dari pemerintah atau para aktivis pendukung petani membatu untuk memajukan petani. 

Mari kita sama-sama memajukan petani kita. Jangan biarkan mereka jadi korban terus menerus. Saatnya kita membantu mereka: modal, tenaga kerja, membantu ilmu, dan lain-lain 

Komentar

Postingan Populer