Cara Pemupukan Tanaman

Setiap tanaman membutuhkan makanan untuk hidup. Sebenarnya didalam tanah sudah tersedia unsur hara untuk tanaman. Akan tetapi seringnya pengolahan menyebabkan unsur hara dalam tanah semakin berkurang. Berkurangnya unsur hara tersebut maka diperlukan upaya untuk menggantinya. Unsur hara itu diambil pada saat panen karena menjadi buah, biji, umbi ataupun sayuran.

Beberapa unsur hara yang banyak dipakai adalah NPK dan pupuk mikro. Dan kalau kita hitung-hitung kurang lebih 16 unsur hara. Yang palin banyak dipakai adalah urea, TSP, KCl dan Za dan ada juga pupuk NPK. Ada juga pupuk cair yang berlualitas seperti pupuk ACI, pupuk biomon dan lain-lain.

Pembagian pupuk terdiri atas beberapa jenis diantaranya :

A. Pupuk Padat

Pupuk kimia yaitu pupuk yang dibuat dipabrik dengan mencampurkan bahan-bahan kimia. Beberapa jenis pupuk yang dimaksud adalah urea, TSP, KCL, ZA. pemberiannya pada tanaman berbeda-beda untuk setiap jenis tanam.
Cara Pemupukannya

* Melalui Akar

Segala macam pupuk yang diberikan melalui akar dengan berbagai macam cara. Tujuannya supaya unsur hara dalam tanah yang kurang bisa ditambah. Dengan demikian tanah akan menjadi subur. Beberapa cara pemberian pupuk melalui akar diantaranya:

- Disebar (broad casting)

Pupuk disebar secara merata pada tanah disekitar tanaman baik diberikan sebelum tanam ataupun setelah beberapa hari setelah tanam. 
             Sumber gb.www.google.com
Pemberian secara ditebar dengan beberapa pertimbangan:
  • Apabila jarak tanam yang rapat baik teratur maupun tidak beraturan
  • Tanaman memiliki perakaran yang dangkal
  • Tanah memiliki kesuburan relatif baik
  • Pupuk yang dipakai cukup banyak atau dosis permukaan tinggi
  • Daya larut pupuk harus besar.
Pemupukan ini biasanya diberikan pada tanaman padi, kacang-kacangan dll yang mempunyai jarak tanam yang rapat. Kerugian bisa saja gulma akan berkembang cepat dan pengikatan unsur hara akan tinggi. Sehingga menyebabkan tanah menjadi rusak. 

*Ditempatkan dalam larikan/barisan

Pupuk ini ditabur diantara larikan tanaman kemudian ditutupi tanah. Untuk tanaman tahunan ditaburkan melingkari tanaman dengan jarak tegak lurus daun terjauh. 

Pertimbangan cara ini adalah 
  • Pupuk yang digunakan relatif sedikit
  • Jarak tanam dan jarak antar barisan jarang 
  • Kesuburan tanah rendah
  • Tanaman dengan perkembangan akar rendah
  • Untuk tanah tegalan atau darat
  • Jika dikhuatirkan terjadi pengikatan unsur hara tanah dalam jumlah besar.
*Ditempatkan dalam lubang

Pupuk dibenam dalam tanah samping batang kira-kira 10cm  dan ditutup dengan tanah. Sedang untuk tahunan ditanam secara melingkar diujung tajuk terluar dan ditutup kembali. Pertimbangannya sama dengan larikan. 

B. Pupuk Pupuk Cair

Pupuk cair merupakan pupuk yang diberikan melalui daun dengan cara disemprot. Pupuk masuk kedalam tanah melalui mulut daun (stomata). Berikut ini cara penggunaan pupuk cair pada tanaman, contoh kasus pada pupuk cair organik super ACI. 

Komentar

Postingan Populer