Teknologi Pengolahan Buah

Sebagaimana kita ketahui bahwa buah itu muda mengalami kerusakan. Supaya kerusakan bisa dikurangi maka perlulah kiranya kita mengetahui cara pengolahan yang tepat. Pengolahan yang tepat bisa kita sesuaikan dengan jenis buah yang ada. Buah yang dikelolah seyokyanya tidak terlalu menurunkan nilai gizi. Akan tetapi kalau perlu nilai gizi harus ditingkatkan. 

Berbagai jenis pengolahan yang sering dilakukan adalah pengeringan, pemanasan, vermentasi, penggaramam, pendinginan, pembekuan, pemanisan atau bahkan bisa dengan menggunakan cara lain seperti perendaman madu, penggunaan zat kimia dan masih banyak lagi. 

Cara pengolahan yang dilakukan untuk setiap buah berbeda-beda tergantung jenis buah yang akan dikelolah. Dari berbagai pengolahan di atas bisa membuat produk kita akan disimpan lama. Tentu saja kalau lama disimpan akan menguntungkan petani kita. Karena punya peluang untuk menjual lebih lama. 

Pengolahan yang tepat akan memberikan nilai tambah. Nilai tambah ini terjadi karena adanya perbaikan kualitas produk kita setelah dilakukan pengolahan. 

Petani kita umumnya belum melakukan pengolahan sebelum dijual. Makanya produk petani kita biasanya langsung dijual ke pasaran akibatnya produknya dihargai rendah. Petani kita membutuhkan uang cepat. Sementara kalau dilakukan pengolahan butuh waktu. Petani butuh uang untuk makan, butuh membayar utang sarana pertanian, butuh uang sekolah untuk anaknya dan masih banyak kebutuhan lainnnya. 

Memberikan pembelajaran kepada petani perlu proses yang kontinyu. Bagaimana membuat mereka paham bahwa dengan menjual setelah diolah harga akan tinggi jika dijual mentah. Disini perlu keterkaitan dari beberapa pihak terkait untuk memberikan pemahaman tentang pengolahan. 

Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan Populer