Tumbuhan Paku

Tanaman paku biasa juga disebut tanaman paku-pakuan. Tanaman ini biasanya tumbuh pada daerah yang lembab. Seperti didaerah pinggiran sungai, danau, hutan atau dimana saja daerah yang lembab. Tanaman ini hampir tersebar diseluruh dunia. Diperkirakan tumbuhan ini memiliki jumlah species kurang lebih 10.000 dan yang tumbuh di Indonesia diperkirakan 3.000 spicies. 
Tumbuhan paku memiliki sistem pembulu sejati, memiliki pembulu kayu dan pembulu tapis. Sistem pembiakannya yaitu generatif dengan spora. Tumbuhan ini sudah digolongkan dalam tumbuhan tingkat tinggi karena memiliki akar,  batang dan daun. Sistem perakaran yaitu akar serabut dan ujungnya dilindungi oleh kaliptra. Tumbuhan ini hidup bergerombol. 

Sebenarnya tanaman ini memiliki berbagai macam manfaat. Cuma karena banyaknya species maka hanya sebagian kecil yang ditahu manfaatnya. Berbagai manfaat dari tanaman paku adalah sebagai tanaman hias, sebagai bahan baku obat-obatan, sebagai sayuran, sebagai bahan pupuk, dan sebagai bahan karangan bunga. Tentu saja manfaatnya bukan hanya itu tetapi masih banyak lagi. 

Komentar

Postingan Populer