1001 Manfaat Putri Malu

Tahukah anda tentang tanaman yang satu ini?. Ternyata tanaman ini memiliki segudang manfaat. Salah satu ciri yang sangat spesifik dari tanaman ini adalah apabila disentuh akan tertutup secara otomatis. Penyebabnya adalah karena tanaman ini sangat sensitif terhadap rangsangan dari luar. Itulah sebabnya sehingga tanaman ini dikatakan tanaman putri malu. 
Tanaman ini banyak tumbuh liar disekitar kita. Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman ini sangat beragam, sehingga tanaman ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tanaman obat. Beberapa kandungan yang sangat penting adalah mimosin, tanin, asam pipekolinat, dan tentu saja masih banyak kandungan yang lainnya. Kandungan yang beragam tersebut dipercaya dan bahkan berbagai literatur telah menjelaskan bahwa bisa menyembuhkan penyakit. 

Beberapa literatur menjelaskan bahwa tanaman putri malu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya: cocok untuk mengobati luka penderita diabetes, bermanfaat untuk penyakit batu, menyembihkan luka, menyembuhkan hepatitis, membantu pederitan insomnia, menghentikan pendatahan dan infeksi, menyembuhkan demam dan bahkan batuk berdahak. 

Cara pemakaian bisa diminum dengan merebus terlebih dahulu dan untuk bagian luar bisa diolesi dengan daun ini. 

Sekian dan trimakasih. 




Komentar

  1. Terimakasih banget infonya sangat membantu.
    selain yang disebutkan diatas ternyata olahan tanaman putri malu juga bisa digunakan menjadi suatu produk kesehatan perawatan luka kaki diabetes (foot spa), inovasi itu berjudul “MimoSpa” yang merupakan hasil penelitian mahasiswa UNAIR -->
    Produk kesehatan Mimospa

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer