Botani Daun Sirih Cina

Daun sirih cina atau biasa disebut tumpangan air dengan nama latin Peperomia pellucida. Tanaman ini memiliki bentuk struktur secara fisik tanaman merambat dan lemah. Bentuk warnanya cerah dan berdaging.  Perakarannya tidak dalam. Batang sebagian besar terdiri atas air. Tanaman ini banyak ditemukan pada daerah saluran air berada pada daerah pinggiran. Atau tempat yang lembab seperti rawah, pelimbahan rumah pada tembok.  Tinggi tanaman ukuran 15 sampai 45 cm.
Adapun klasifikasi ilmia tananaman tumpangan air atau daun sirih cina adalah : Kindom : Plantae,  Ordo      : Piperales, Famili    : Piperaceae, Genus    : Peperomia, Species  : P. Pellucide

Daun sirih cina berbentuk seperti love atau jantung hati dimana sebagian besar terdiri atas air. Pada bagian atas daun terdiri atas lapisan lilin sehingga mengkilap dan berwarna hijau. Bentuk batang bulat dan perakaran tunggang.

Bentuk bunga seperti buah lada, seperti rangkaian bulir yang memiliki panjang 1-5 cm. Bunganya tegak dan ujung bunga runcing. Buah dan bijinya  mempunyai ukuran yang sangat kecil dengan warna coklat. 

Komentar

Postingan Populer