Sari Buah

Sari buah merupakan olahan buah  yang berbentuk minuman yang diambil dari perasan buah yang beraroma tajam. Sebenarnya bisa juga diambil dari aroma buah yang tidak tajam. Namun demikian karena aroma yang tajam akan mempengaruhi selera konsumen. Sari buah biasanya diberi nama sesuai jenis buahnya. Misal sari buah mangga karena diambil sarinya mangga, sari buah jambu biji karena buahnya jambu biji.

Untuk membuat sari buah ada perbedaan antara satu dengan yang lain. Cara pembuatan disesuaikan dengan jenis buahnya. Akan tetapi membuat sari buah memiliki prinsip yang sama antara 1 buah dengan buah yang lainnya. Perinsip pembuatan sari buah adalah menghancurkan daging buah yang matang dan segar. Selanjutnya mempres buah tersebut. Setelah itu disaring kemudian dimasukkan dalam botol. Kalau mau tahan lama maka harus disterilkan.

Kadar pektin yang terdapat pada buah menyebabkan sari buah tersebut menjadi keruh. Untuk membuat sari buah awet maka harus diberi pengawet tetapi jangan melebihi aturan yang telah ditetapkan.

Komentar

Postingan Populer