3 manfaat Pisang Untuk Kesehatan

Kebanyakan di daerah pedesaan petani memiliki pohon pisang didekat rumahnya. Pisang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Pisang merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik untuk dijadikan sebagai pengganti makanan pokok.
Karena pisang merupakan sumber karbohidrat yang rendah kalori maka baik dijadikan sebagai pengganti beras untuk penderita gula. Cara membuatnya sebagai pengganti makanan pokok biasanya pisang yang  masih mentah tetapi sudah matang secara fisiologis. Pisang terzebut direbus kemudian dipotong-potong dan selanjutnya dimakan dan bisa dicampur sayur dan ikan.

Untuk pisang yang sudah matang mengandung vitamin C, baik untuk dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Terutama menjaga tubuh dari  radikal bebas. Jadi mengkonsumsi secara rutin bisa membuat tubuh jadi sehat.

Pisang juga mengandung serat artinya bisa memperlancar pencernaan. Bila kesulitan dalam hal buang air besar pisang dikonsumsi maka pembuangan akan lancar. Biasanya juga makanan yang berserat bisa mencegah kanker usus. Sebenarnya banyak sekali manfaat pisang yang lain.

  • Berbagai macam olahan pisang diantaranya Keripik pisang, 
  • Pallu butung (bahasa makassar) yaitu masakan pisang masak dicampur terigu, gula, santan dan garam. Pisang yang sudah dipotong-potong,  dimasak sampai mendidih dan membentuk pasta. 
  • Pisang epek, pisang ini dibakar dan setelah masak dijepit sampai gepeng. Setelah itu disiram dengan larutan gula. Atau bisa ditambah berbagai variasi seperti dicampur susu, durian, keju coklat dan lain-lain sesuai selerah makanan ini banyak didapat disekitar pantailosari Makassar
  • Barongko. Kue barongko  biasanya dibuat dari pisang yang sudah masak sekali. Dihancurkan dan akhirnya membentuk pasrta. Dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Bahan yang lebih banyak adalah telur dan pisang. Orang bugis-makassar banyak yang tahu. 
  • Yang lain seperti roko-roko unti, pisang ijo, pisang goreng, dll. 
Demikianlah manfaat dari pisang semoga bisa dijadikan literatur untuk pengembangan lebih lanjut. 


Komentar

Postingan Populer